1050 Calon Jamaah Haji Sleman Ikut Manasik


Sembada.Id-Sebanyak 1050  calon jamaah haji kabupaten Sleman mengikuti manasik haji di Stadion Tridadi Sleman Rabu (12/7/2017). Kegiatan yang dibuka oleh wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun itu sebagai persiapan pelaksanaan haji tahun 2017. Calon jamaah haji asal terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yaitu kloter  25 SOC, kloter 27 SOC dan kloter 30 SOC. 

 Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun dalam sambutannya mengatakan bimbingan dalam manasik haji merupakan persiapan penting bagi calon haji. Karena dengan manasik, para calon jamaah haji dapat mengetahui sekaligus mempraktekkan tata cara ibadah haji, sehingga rukun dan syarat sahnya ibadah haji dapat dilakukan dengan baik dan benar.

 “Bimbingan manasik haji ini merupakan kunci penyelenggaraan ibadah haji yang juga ikut menentukan kemabruran haji seseorang. Jika mabrur haji seseorang maka diharapkan juga membawa pengaruh positif bagi kualitas kesalehan sosial.  Oleh karena itu kesempatan manasik haji ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan dan wawasan,”  kata Sri Muslimatun

Selain itu, manasik haji  ini juga bermanfaat untuk mempelajari doa-doa sunah mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali lagi ke rumah. Sehingga  calon jamaah haji menjadi tahu dan paham mana yang wajib, rukun, sunah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.

Hal yang sama diungkapkan Kasubag Mental Spiritual Bagian Kesra  Pemkab Sleman Ichsanudin. Ia mengatakan maksud dan tujuan manasik haji ini, selain untuk memberikan bekal pengetahuan dan praktik pelaksanaan haji, juga gambaran  tata cara pelaksanaan ibadah haji secara laangsung kepada seluruh jamaah haji kabupaaten sleman serta agar saling mengenal diantara para calon jamaah haji dari kabupaten sleman.(sbd)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 1050 Calon Jamaah Haji Sleman Ikut Manasik"

Posting Komentar