56 Temuan Kasus di Sleman Belum Tersentuh



sembada.id- Desa di Sleman banyak yang belum memahami dan mengerti dalam mengelola dana desa.  Terbukti  pada tahun 2016 saat  Inspektorat setempat melakukan pemeriksaan pengunaan dana desa menemukan 96 kasus. Dari jumlah itu baru 44 temuan atau 46% yang ditindaklanjuti, sisanya 52 atau 54% temuan belum tersentuh.  96 kasus itu berasal dari 60 desa. Di Sleman sendiri ada 86 desa.

Sebagai tindaklanjut dari temuan tersebut, pemkab Sleman, menggelar pengawasan daerah (Larwasda) 2017 di aula lantai III pemkab Sleman, Kamis (27/7/2017).

Pelaksana tugas (Plt) Inspektorat Sleman Suyono mengatakan Laswarda ini bukan hanya sebagai sarana koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan, namun juga guna membantu aparatur desa untuk memahami seluk beluk tata pengelolaan keuangan desa yang muaranya mampu mendorong terbangunnya transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa.
 .
“Diharapkan melalui kegiatan ini  aparatur desa mengetahui mengenai peruntukan penggunaan dana desa serta bagaimana pengelolaan dana desa yang benar,”  kata Suyono saat pembukaan Laswarda Sleman tersebut.

Selain itu, dengan Larwasda tersebut  juga diharapkan dapat mengurangi atau bahkan mencegah terulangnya kembali kesalahan yang sama di masa mendatang. Sehingga para pengambil keputusan dapat  meniadakan atau menghentikan kesalahan, penyimpangan, penyelewengan dan pemborosan.

”Dapat dikatakan pengawasan merupakan salah satu instrumen untuk mewujudkan good and clean governance,” tandas kepala badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan (BKPP) Sleman itu.

Suyono juga menegaskan agar  pemerintah desa dapat memanfaatkan dana desa dengan efektif, efisien dan benar sesuai aturan. Sebab setiap uang yang dikeluarkan harus dipertanggungjawabkan secara akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Sri Winarti menambahkan acara Larwasda tersebut dihadiri oleh 120 peserta. Terdiri dari Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Sleman serta dari Inspektorat Kabupaten Sleman. Adapun materi yang disampaikan diantaranya Hasil Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa tahun 2016, Pengendalian Pengelolaan Keuangan dan Kebijakan Pengelolaan Keuangan Desa. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "56 Temuan Kasus di Sleman Belum Tersentuh"

Posting Komentar