Bupati Sleman Minta Pelaku Usaha Terbuka Sensus Ekonomi





sembada.id – Bupati Sleman Sri Purnomo meminta para pelaku usaha kooperatif dalam program sensus ekonomi (SE) 2016 lanjutan.  Hal itu penting, sebab SE tersebut, bukan hanya  sebagai dasar untuk merumuskan berbagai kebijakan dan analisis secara makro maupun mikro, namun juga untuk benchmarking dan basis data bagi berbagai survei  lanjutan di bidang ekonomi.

“Untuk itu petugas sensus dalam menjalankan tugas diharapkan dapat memberikan kesan yang baik dan ramah, sehingga tidak membuat masyarakat segan untuk memberikan informasi dan data dan yang penting jauhkan dari kesan menginterogasi yang memaksa,” kata Sri Purnomo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kesra Suci Iriani Sinuraaya saat sosialisasi SE usaha kecil menegah (UKM) dan usaha menengah besar (UMB) di Hotel The Sahid Rich Yogya Jalan Magelang, Mlati, Sleman, Kamis (27/7/2017).

Menurut Sri Purnomo keberhasilan pelaksanaan sensus ekonomi lanjutan tersebut akan memberikan manfaat  yang besar tidak hanya bagi dunia usaha dan masyarakat namun juga pemerintah. Di antaranya sebagai dasar perencanaan ekonomi dan informasi terhadap potensi ekonomi, penyerapan tenaga kerja serta perhitungan nilai  tambah yaang lebih akurat.

Sementara itu bagi dunia usaha daapat dimanfaatkan sebagai daasar perencanaan pengembangan usaha, penentuan pangsa pasar dan potensi pasar. Oleh karena itu data yaang diperoleh  dari sensus itu merupakan data  yang valid, aktual dan faktual  sebagai  dasar bagi penyusunan program dan kebijakan pemerintah.

Kepala dinas peridustri dan perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani menambahkan di bidang UMK sleman menduduki rangking tertinggidi DIY yaitu 29.09 %. UMB mencapai 42,26 % dan jumlah petugas sensusnya mencapai 32,35 %.  Disamping itu bidang sektor ekonomi 33 % ada di Sleman.


“UMKM di Sleman baik Mikro, Kecil daan menengah mencapai 27.119. Terbanyak di kecamatan  Sleman yaitu 2.535 dan yang paling sedikit di kecamatan Depok  yang hanya 689,” tambahnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Sleman Minta Pelaku Usaha Terbuka Sensus Ekonomi"

Posting Komentar