Kreativitas Sarana Tingkatkan Kualitas Pendidikan






Sembada.Id-Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bakat dan kreativitas harus dipupuk sejak usia dini.  Jika tidak selain tidak akan berkembang, bahkan tidak dapat terwujudkan, juga akan menghambat kualitas pendidikan. Guna mengembangkan bakat dan kreativitas anak
itu,  maka harus mendapat dukungan dari semua pihak.

“Selain dengan merangsang kreativitas anak, juga dengan member kesempatan kepada mereka untuk menunjukkan bakat dan kreativitasnya,” kata Sri Purnomo dalam sambutan yang dibacakan wakil bupati Sleman Sri Muslimatun saat gelar kreativitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di Gedung Serbaguna Sleman, Rabu (12/7/2017).

Sri Purnomo menjelaskan  karena kreativitas penting,  sebagai orang tua dan para pendidik anak usia dini dituntut untuk memahami  setiap anak memiliki pribadi yang berbeda.  Untuk itu potensi  tersebut harus dikembangkan sejak usia dini.

“Untuk mengembangkan daya kreativitas ini dapat dirangsang dan dieksplorasi melalui kegiatan bermain sambil belajar sebab bermain merupakan sifat alami anak,” paparnya.

Menurut Sri Purnomo  dengan langkah tersebut, selain akan membuatanak  tampil percaya diri, juga memberi kebebasan kepada mereka unukberekspolorasi.  Hanya   pengawasan tetap menjadi tanggungjawab  orang tua.

“Selain itu kreativitas anak akan optimal jika didukung dengan pemberian perhatian pada kesehatan, penyediaan makanan sehat dan bernutrinisi serta pelayanan pendidikan yang memadai,”  terangnya.

Untuk itu gelar kreatifitas anak usia dini tersebut   momen yang strategis untuk meningkatkan rasa percaya diri anak-anak dalam menunjukkan kreativitasnya.  Terutama guna mempersiapkan generasi yang berkualitas dengan pendidikan yang tepat bagi anak-anak.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala dinas pendidikan (Disdik) Sleman Arif Haryono menambahkan selain untuk  meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya program pendidikan usia dini, kegiatan ini juga untuk menumbuh kembangkan daya kreasi dan inovasi anak dalam kegiatan edukatif.

“Untuk itu  pemerintah dan masyarakat  harus memberikan kontribusi yang terbaik demi masa depan anak,” tambahnya.
                                                                                             
Kegiatan ini melibatkan 1000 anak dari 100 lembaga PAUD  (TK, KB, TPA dan SPS)  se  Sleman. Mereka menampilkan aneka tari, gerak lagu, menyanyi dan hasil kreativitas siswa. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kreativitas Sarana Tingkatkan Kualitas Pendidikan"

Posting Komentar