Menara Masjid Agung Sleman Habiskan Rp11,5 Miliar





sembada.id – Pemkab Sleman tahun ini akan membangun menara masjid Agung Dr Wahidin Soedirohusodo setinggi 68 meter. Pembanguna menara itu dianggarkan menghabiskan Rp11,5 miliar. Anggaran itu berasal dari APBD Sleman Rp8 miliar, sehingga masih ada kekurangan Rp3,5 miliar.

Bupati Sleman Sri Purnomo secara simbolis melakukan peletaka batu pertama sebagai tanda dimulainya pembanguan menara tersebut, Senin (31/7/2017).

 Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan adanya menara ini nantinya bukan hanya untuk meningkatkan kemakmuran dan penunjuk letak masjid,  namun juga dapat menjadi daya tarik wisata. Sebab  menara nantinya dapat dinaiki dengan menggunakan lift sampai ketinggian 50 meter sehingga dari ketinggian tersebut para pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan di Sleman.

“Dengan banyaknya pengunjung yang datang tentu akan berdampak langsung pada meningkatnya jumlah jamaah yang beribadah di masjid Agung,” kata Sri Purnomo dalam sambutan dimulainya pembangunan menara masjid Agung Sleman.

Menara ini nantinya juga difungsikan untuk memfasilitasi kantor-kantor lembaga keagamaan seperti MUI,  Dewan Masjid, Ikatan Persaudaraaan Haji Indonesia(IPHI), Forum Silaturahmi Pondok Pesantren dan yang lainnya. Dengan berkantornya berbagai lembaga keagamaan Islam tersebut maka akan terjalin tali silaturahmi dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah .

“Yang jelas masjid memiliki fungsi sebagai Pusat Ibadah, Pusat Pembinaan Umat dan Pusat Persatuan Umat,” paparnya.


Sekretaris dinas pekerjaan umum dan kawasa permukinan (DPUKP) Sleman Sungkana menjelaskan untuk konsep bangunan menara tersebut mengacu corak bangunan utamanya masjid Agung Sleman yaitu bangunan klasik bernuansa Jawa. Untuk menara sendiri nantinya terdiri delapan lantai. Lantai 1 ruang Lobby dan Ruang Pengelola atau Takmir,  lantai 2 ruang Perpustakaan dan Poliklinik, lantai 3 ruang Pertemuan, lantai 4 Ruag Pandang 1, lantai 5 Ruang Pandang 2, lantai 6 Ruang Pandang 3, lantai 7 Ruang dan lantai 8 ruang lift. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menara Masjid Agung Sleman Habiskan Rp11,5 Miliar"

Posting Komentar