Menko Maritim Resmikan Badan Otoritas Pariwisata Borobodur


sembada.Id (SLEMAN) – Menteri koordinator (Menko) Mariim Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Pariwisata   Arief Yahya meresmikan badan otorita pengembangan  pariwisata (BOP) Borobudur  di gedung  trimurti komplek Candi Prambanan, Sleman, Rabu (19/7/2017). Peresmian ini tindaklanjut dari peraturan presiden (Perpres) No 46/2017 tentang pembentukan BOP Borodubur,  11 April lalu. Diharapkan dengan langkah ini, bukan hanya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata namun juga menjadi solusi  terhadap pengelolaan pariwisata dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembentukan BOP Borobudur ini penting,  Sebab dengan terus membaiknya perekonomian Indonesia, membuat banyak investor yang  tertarik dengan Indonesia, di antaranya di bidang pariwisata.

“Dengan adanya BOP ini diharapkan dapat memaksimalkan dalam pengelolaan potensi wisata yang ada di Jawa Tengah dan DIY dan target  20 juta wisatawan tercapai,” kata Luhut  usai peresmian BOP Borobudur tersebut.

Hal laiinnya yang perlu diperhatikan, yaitu melakukan koordinasi dan terintegrasi.  Sebab  jika  bekerja sendiri-sendiri tentu hasilnya kurang maksimal dan itu juga yang menjadi  kelemahan selama ini. Termasuk  permasalahan yang ada di daerah segera diketahui dan dicarikan solusi serta dirancang secara terintegrasi, tidak lagi sporadis.

“ Dengan cara ini pula, nantinya situs-situs yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan akan dkelola oleh BOP baorobudur secara profesional,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief  Yahya menjelaskan setelah diresmikan tugas BOP Borobudur diantaranya mengkoordinasikan pengelolaan pariwisata dengan  lembaga-lembaga pengelola yang sudah ada termasuk melibatkan masyarakat.  Sehingga potensi dan pengelolaan pariwisaya dapat maksimal  dan  tetap lestari.


“BOP  Borobudur nanti akan mengelola kawasan wisata nasional yang ada  di Jawa Tengah dan DIY.  Yaitu Magelang-Yogyakarta, Deing, Solo-Sangiran dan Semarang-Karimun Jawa,”  terang Arif. (sbd)  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menko Maritim Resmikan Badan Otoritas Pariwisata Borobodur"

Posting Komentar