Momen TMMD Reguler, 523 Warga Selopamioro Ikut KB


Sembada.id - Pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 yang dipusatkan di kawasan perbukitan Selopamioro, Imogiri, Bantul, benar-benar dirasakan masyarakat setempat. Bahkan puluhan masyarakat berhasil diajak untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) yang kebetulan masuk dalam salah satu program sasaran.

“Sejaka pembukaan TMMD pada 4 Juli lalu, kami sudah berhasil mengajak masyarakat untuk ikut program KB dimana saat ini akseptor sudah mencapai 53 orang,” papar Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul, Mayor Inf Suwarno, Selasa (18/7).

Suwarno menyebutkan, ke-53 akseptor KB tersebut memilih berbagai macam jenis alat kontrasepsi. Seperti suntik dipilih oleh 26 orang, lalu IUD (16), Implan (4), MOW (4), dan MOP (3).

“Kami tidak memaksa warga untuk mengikuti program KB ini. Kami hanya memberikan materi tentang perlunya ber-KB dan setelah masyarakat mengerti, akhirnya mereka paham dengan sendiri. Kemudian mereka memilih sendiri jenis KB yang akan diikutinya,” tutur dia.

Menurut Kasdim, keberhasilan menggandeng puluhan warga untuk mengikuti KB dalam dua pekan pelaksanaan TMMD Reguler yang dikomandoi Kodim 0729/Bantul ini mendapatkan apresiasi positif dari Tim Wasev Itdam IV/Diponegoro, Letkol Inf Cahyo Tyas yang kebetulan sepanjang hari ini mengunjungi lokasi sasaran TMMD Reguler. Termasuk mengunjungi pelayanan bhakti KB Kesehatan di Puskesmas Imogiri.

“Keberhasilan ini berkat kerja keras anggota Satgas TMMD Kodim dan babinsa serta kerja sama dengan PLKB setempat,” tandas Suwarno.

Sebelumnya, TMMD Reguler ke-99 ini memang tidak hanya memprioritaskan pembangunan sasaran fisik semata, namun juga terhadap nonfisik. Pasalnya, setelah TMMD berakhir,masyarakat setempat tidak hanya bisa merasakan manfaat dari adanya pembangunan fisik tapi juga nonfisik. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Momen TMMD Reguler, 523 Warga Selopamioro Ikut KB"

Posting Komentar