Paskibraka Sleman Mulai Gelar Latihan




Sembada.id (SLEMAN)- Pemkab membuka pelatihan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Sleman 2017  di pendopo  rumah dinas bupati  setempat,  Rabu (19/7/2017). Pembukaan pelatihan ditandai  dengan  penyematan  tanda peserta  oleh Asekda  bidang administrasi  umum Pemkab Sleman  Arif Haryono kepada dua perwakilan paskibraka.

Anggota Paskibraka  berjumlah 36 orang, terdiri dari 18 putra dan 18 putri, mereka merupakan hasil seleksi dari pelajar SMA/SMK/MA  se Sleman.  Mereka akan dibagi dalam kelompok pasukan  17 dan delapan saat bertugas pada  upacara hari kemerdekaan 17 Agustus 2017.  Untuk kelompok pasukan 45 dari unsur TNI dan Polri.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan pelatihan ini bukan hanya untuk mempersiapkan fisik dan keterampilan anggota Paskibraka, namun juga mental. Diharapkan saat nanti bertugas dapat tampil maksimal dan penuh tanggung jawab  sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga harus mengikuti pelatihan dengan baik serta mentaati semua peraturan yang ada.

Paskibraka harus mengeliminir ego dan merasa lebih tinggi dibanding yang lain dalam pelatihan yang akan dijalani,” kata Sri  Purnomo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asekda bidang administrasi  umum Pemkab Sleman Ariif  Haryono saat membuka pelatihan Paskibraka Sleman.

Untuk itu, keluarkan semua kemampuan yang kalian miliki. Patuhil arahan yang diberikan  para instruktur atau pelatih. Sebab hal itu, bukan hanya akan membentuk  kedisiplinan dalam berlatih, namun juga  karakter sebagai anggota Paskibraka.  Apalagi  Paskibraka juga merupakan generasi pilihan dan menjadi cerminan  dalam keberanian, keseragaman dan seni.

“Kalian harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” harapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sleman Agung Armawanta  menambahkan setelah pembukaan pelatihan  tahap selanjutnya  yaitu dengan melaksanakan latihan, untuk  latihan sendiri akan berlangsung mulai 24 Juli hingga 19 Agustus mendatang. Latihan akan berlangsung di halaman Dispora,  lapangan Denggung dan  stadion Tridad.

“Untuk kepentingan itu, anggota paskibraka Sleman akan menjalani karantina, di balai besa latihan masyarakat (BBLM) Yogyakarta di Tridadi,”  tambahnya.

Agung menjelaskan  materi pelatihan dibagi menjadi dua yaitu materi lapangan dan materi pembinaan. Materi lapangan meliputi teori dan praktik baris berbaris lengkap dengan formasi pelaksanaan pengibaran maupun penurunan bendera. Untuk materi  pembinaan meliputi konsep 'Desa Bahagia' dalam pembinaan pemuda, Kepaskibrakaan.


“Dari pelatihan ini, selain untuk mempersiapkan paskibra dalam bertugas,  juga  akan memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme, patriotisme serta meningkatkan rasa kesadaran nasional,” paparnya. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paskibraka Sleman Mulai Gelar Latihan"

Posting Komentar