Pembangunan Akses Jalan Bukit Slopamioro Hampir Tuntas




Sembada.id - Beragam masyarakat memberikan penilaian, bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul dapat menghemat anggaran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi maupun transportasi, khususnya dalam pembangunan desa.

Selain itu, melalui TMMD reguler Kodim Bantul pula dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan persatuan dan kemanunggalan masyarakat dengan TNI. Sebab, hal ini berulangkali terlihat  dalam melaksanakan kegiatan pembangunan warga dan prajurit TNI berbaur dan bergotong-royong, sehingga menambah terciptanya suatu keharmonisan, karena tentara dan rakyat adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Bukti menunjukkan, persatuan rakyat dan TNI ketika TMMD reguler Kodim Bantul yang digelar di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul kali ini. Ketika masyarakat di 2 dusun tersebut benar-benar memimpikan memiliki akses jalan yang dapat menghbungkan kedua dusun itu, seketika direspon oleh Kodim Bantul dengan melakukan bedol bukit kemudian membangun akses jalan.

Saat prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD reguler menjalankan tugasnya membuat jalan, serta-merta masyarakat tanpa diminta langsung melibatkan diri, terjun lalu berbur bergotong-gotong membantu.  Tak pelak, fenomena seperti itu mennjukkan betapa bersatunya TNI dan Rakyat. Disisi lain dengan adanya kemanunggalan tersebut, maka dalam setiap pelaksanaan TMMD, selalu terbukti menghemat anggaran yang cukup besar.

“Pelaksanaan pembangunan dengan membuat akses jalan yang menghubungkan 2 dusun, yaitu Dusun Kajor dan Dusun Nawugan sejauh 2 kilometer lebih dikerjakan secara gotong royong antara masyarakat dan TNI serta Instansi Pemerintahan yang turut andil didalamnya. Dengan adanya akses jalan ini nantinya, diharapkan benar-benar mampu membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat.,” terang Dandim Bantul, Letkol Inf Agus Widianto.

Sementara proses pembuatan akses jalan melalui membedah bukit telah mendekati titik akhir. Bukit yang cukup terjang dengan bebatuan serta jurang berhasil dibedol menggunakan sarana backhoe. Dari tahapan Pra TMMD Reguler yang dilaksanakan awal Ramadan, kini sudah hampir selesai.

“Proses bedah bukit hampir kelar. Mesin begho saban hari menjalankan tugasnya mengeruk tanah dan menjebol batu-batuan besar dan kemudian meratakannya. Ketika proses bedah bukit selesai, kami tinggal melanjalankan proses finishing, yaitu meratakan tanah dan menata material,” sambung Letkol Agus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembangunan Akses Jalan Bukit Slopamioro Hampir Tuntas"

Posting Komentar