Pemkab Sleman Serahkan Nota Pengantar Tiga Raperda Ke Dewan


sembada.id – Pemkab Sleman menyerahkan nota  pengantar  tiga rancangan peraturan daerah (raperda) ke DPRD  setempat, Selasa (25/7/2017). Ketiga Raperda itu, yakni Raperda pencabutan  perda No 8/2008, perda  No 4/2013 dan perda No 4/2014, masing-masing tentang urusan pemerintahan  yang menjadi  kewenangan pemkab Sleman, usaha pertambangan mineral non logam dan batuan serta pengolaan air tanah, kemudian  raperda hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD Sleman dan raperda retribusi  penyediaan dan atau penyedotan kakus.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam penjelasan nota pengantar raperda yang dibacakan wakil bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan  raperda pencabiutan tiga perda tersebut, sebagai tindaklanjut adanya  UUNo 23/2014 tentang pemerintah daerah. Dimana dalam UU itu menyebutkan untuk pertambangan mineral bukan logam  dan batuan serta pengelolaan air tanah  kewenangannya dialihkan ke propinsi,  kabupaten hanya berwenang dalam hal perpajakan.

“Karena itu, guna memberikan  kepastian hukum dalam penyelenggaraan pemerintah di Sleman,maka kami mengajukan percabutan perda dimaksud,”  jelas Sri Purnomo,

Untuk raperda hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD Sleman diajukan setelah pemerintah mengeluarkan PP No 19/2017 tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD, sehingga dengan adanya PP tersebut maka perlu adanya penyesuaian.  Terutama hak dewan.

“Diharapkan dengan adanya penyesuaian itu,  kualitas dan produktivitas  dewan akan  meningkat,” paparnya.

Soal  perda  retribusi penyediaan  dan  atau penyedotan  kakus, bukan hanya untuk  menentukan besarnya retribusi atas penyediaan fasilitas tersebut tetapi yang lebih penting lagi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kerua DPRD Sleman Haris Sugiharta mengatakan setelah menerima nota pengantar  raperda tersebut, dewan segera akan melakukan pembahasan, disusul dengan pandangan umum fraksi  serta jawaban bupati.  Untuk pembahasan dan pandangan umum fraksi akan dilakukan  Selasa (25/7/2017).  Jawaban bupati  Rabu (26/7/2017). (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Sleman Serahkan Nota Pengantar Tiga Raperda Ke Dewan"

Posting Komentar