Poltekes Laksanakan Pengabdian Kesehatan Di Gamping


Sembada.Id (SLEMAN) – Sebanyak 682  akademisi Politeknik kesehatan (Poltekes) Kemenkes Yogyakarta  terdiri dari 536 mahasiswa dan 146 dosen akan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  bidang kesehatan di desa  Banyuraden, Nogotirta dan Trihanggo, kecamatan Gamping. 

Bupati Sleman Sri Purnomo menerima langsung peserta pengabdian tersebut di auditorium, Poltekes setempat Jl  Tatabumi No 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Senin (17/7/2017).  Penerimaan peserta pengabdian ditandai dengan  penandatangan berita acara oleh Bupati sleman dan Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI.

Wakil Direktur  Poltekes Kemenkes Yogyakarta  Joko Susilo mengatakan peserta pengabdian masyarakat ini  dibagi dalam 70 kelompok dan setiap kelompok bertanggung jawab pada satu RW di wilayah Desa Banyuraden, Nogotirto dan Trihanggo.  Sedangkan sasaran kegiatan ini meliput keluarga dengan konsep "One Student, One Family by inter Professional education (OSOF-IPE).

Setiap kelompok peserta akan langsung teruju ke keluarga dan melakukan identifikasi masalah kesehatan serta memberikan tindakan promotif dan preventif sesuai permasalahan yang ditemukan.

“untuk penanganannya akan dibimbing oleh dosen atau  Instruktur dan fasilitator dari Puskesmas, Desa, Dukuh, RW dan Kader Posyaandu,” terangnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan diharapkan kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan derajat kesehatan warga  Sleman, terutama di Banyuraden, Nogotirto dan Trihanggo, Gamping.  Baik yang menyangkut  perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan.  Terlebih  faktor perilaku dan  lingkungan memegang peran lebih dari 75% dari kondisi derajat kesehatan masyarakat.  

Perbaikan lingkungan dan perubahaan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sitematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Sehingga Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi  sebuah pilihan dalam mewujutkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“Hal itu penting, sebab  sekarang kita  tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung dan  diabetes,”  tandasnya. (Sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Poltekes Laksanakan Pengabdian Kesehatan Di Gamping"

Posting Komentar