Pondok Wonolelo Kembangkan Budidaya Cabe Dengan Teknologi Bacilius


 

sembada.id (SLEMAN) -  Kelompok tani (KT) Taruna Bumi, Pondok Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Sleman mengembangkan budidaya cabe rawit jenis Burga dengan teknologi bacilius di bulak Pondok II, Pondokwonolelo seluas 1000 m2.  Selain menghasilkan cabe yang sehat, dengan metode ini juga produksinya meningkat dibandingkan dengan sistem konvensional, Sebab tidak mamakai pupuk pestisida melainkan dengan memanfaatkan bacilius.

“Hasil dari pengembangan sistem ini cukup bagus. Indikasinya dari luas 1000 m2 mampu menghasilkan lima kwintal cabe,” kata ketua KT Taruna Bumi Pondokwonolelo Suharno saat panen rabe cabe, di lahan KT tersebut, Jumat (21/7/2017).

Suharno menjelaskan secara keseluruhan lahankelompok untuk penanaman cabe seluas 25 hekatare (Ha). Selain cabe rawit, juga ditanami cabe keriting dan cabe hijau.

“Secara keseluruhan lahan yang ditanami cabe di daerah tersebut ,mencapai 40 hektare,” paparnya.

Menurut Suharno untuk mengantisipasi permainan harga, untuk penjualan cabe memakai sistem lelang dan
sudah berlangsung dua pecan. Sedangkan cabe yang terlelang dengan sistem tersebut mencapai tujuh ton lebih. Terdiri dari cabe rawit 5,213 Ton, cabe keriting 1,053 ton dan cabe hijau 93,1 Kg.

“Dari sietem lelang itu total cabe yang telah dijual d mencapai 5,306 ton dengan total  uang yang diperoleh Rp100 juta lebih,” ungkapnya.

Asekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sleman Suyamsih mengatakan dengan budidaya cabe menggunakan teknologi Bacillus ternyata mampu menghasilkan cabe jauh lebih baik. Diharapkan petani lain juga mau menggunakan teknologi tersebut. Termasuk  untuk penjualannya dengan sistem lelang. Karena dengan sistem lelang tersebut mampu mengangkat harga lebih baik dibanding dengan menjual secara perorangan,

“kalau menjual secara perorangan petani dalam posisi kalah karena harga hanya ditentukan oleh pengepul,” tandasnya.


Untuk mendukung penjualan dengan sistem lelang itu, di tempat tersebut juga akan dibangun pasar lelang. Termasuk dengan melakukan simualsi lelang cabe.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pondok Wonolelo Kembangkan Budidaya Cabe Dengan Teknologi Bacilius"

Posting Komentar