Puskesmas Sleman Gelar Jambore TABO


Sembada.Id-Puskesmas Sleman mengadakan jambore tanggap bocah (Tabo) di lapangan Pemda Sleman, Kamis (13/7/2017). Sebanyak 2000 anak dan 500 pendamping dari lima desa se kecamatan Sleman, yaitu desa Triharjo,Tridadi, Trimulyo, Caturharjo dan Pandowoharjo mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan itu bertujuan untuk menambah semagat anak-anak dalam berkreasi dalam memberantas nyamuk.

Tabo merupakan mitra kerja Puskesmas Sleman dalam mencegah penyakit DBD dan melaksanakan pilar sanitasi total berbasis masyarakat. Mereka  terdiri dari kelompok anak usia sekolah TK, SD dan SMP yang setiap minggu pagi melakukan kegiatan bermain PHBS di dusun masing-masing.  
“Dpermainan ini meliputi pemantauan jentik, cuci tangan pakai sabun air mengalir, pengelolaan sampah sisa jajan anak sekolah, mengenalkan makan gizi seimbang dan juga mengenalkan P3K dengan didampingi oleh kader kesehatan yang menjadi pengurus TABO, sehingga mampu menerapkan PHBS dalam kesehariannya,” kata kabag Humas Pemkab Sleman Sri Winarti.

Sedangkan  dalam acara ini mengambil tema Anak Peduli Lingkungan Sehat. Berbagai kegiatan digelar dalam acara tersebut, di antaranya lomba yel-yel TABO dengan materi Peduli lingkungan Sehat.  Penyuluhan dan Roll Play Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pemeriksaan kamar mandi dan tempat-tempat yang berpotensi untuk sarang nyamuk di intansi pemerintah sekitar lapangan Pemda Sleman,  yakni DInas Kesehatan, Dinas P3KB, Dinas Perpustakaan dan  Dinas Pemberdayaan Masyarakat.


Menurut  Win panggilan Sri Winarti yang menarik dalam kegiatan itu  terdapat punishment  dan reward. Untuk punishment, ada kesepakatan warga yakni kena denda bila rumah ada jentik  Rp1000 dan dipasang bendera rumah ada jentik dan bila bendera yang dipasang hilang kena denda  R 6000. “Reward diberikan  apabila rumah tidak ada jentik selama tiga bulan berturut-turut,” paparnya. (sbd

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puskesmas Sleman Gelar Jambore TABO"

Posting Komentar