Resmi Dibuka, Wagub DIY Apresiasi Program TMMD


Sembada.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul resmi dibuka Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X, Selasa (4/4) pagi. Paku Alam X menilai program TMMD memberi dampak positif dan berkontribusi besar terhadap pembangunan.

“Pengaruhnya terhadap pembangunan besar. Pemerintah daerah tinggal melanjutkan saja apa yang sudah dimulai pada program TMMD,” ucap Paku Alam di sela meninjau stand bazar usai pembukaan TMMD reguler di Lapangan Selopamioro, Selasa.

Paku Alam mengatakan, program TMMD bukanlah program baru, melainkan program berkelanjutan yang sudah bergulir sejak lama. Sebelum TMMD, program ini sempat dikenal dengan Abri Masuk Desa (AMD). Meski begitu, kontribusi program ini terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tetap sangat besar.

“Yang regulernya saja sudah ke-99, padahal TMMd tidak hanya reguler tapi ada juga TMMD Sengkuyung. Sewaktu saya kecil dulu ada program AMD, yang kemudian sekrang dikenal dengan TMMD. Program ini sangat bagus dan positif. Sangat membantu pemerintah,” katanya.

Paku Alam menjelaskan, salah satu keunggulan program TMMD adalah karena dilakukan secara terpadu dengan program pembangunan di daerah. TMMD juga banyak melibatkan masyarakat dalam pemberdayaan sekaligus menciptakan ketahanan wilayah demi keutuhan NKRI.

“Dengan semangat kemaanunggalan TNI dan rakyat kita percepaat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraaan masyarakat dalam rangka menjaaga keutuhan NKRI,” ajak Paku Alam.
Dansatgas TMMd Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto mengatakan, TMMD Reguler dilaksanakan di Dusun Kajor, Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul. Sasaran pokok kegiatan meliputi pembuatan jalan sepanjang 2.043 meter dengan lebar 6 meter.

Kemudian pembuatan jembatan dengan panjang 3 meter, lebar 6 meter dan tinggi 2,5 meter, serta pembuatan gorong-gorong dua buah dengan panjang 6 meter daan tinggi satu meter. “Sasaran tambahan ada bedah rumah 4 unit, cor blok jalan dua kali masing-masing 450 meter dan 250 meter, serta pembangunan sarana air bersih,” katanya.

Selain itu, TMMD juga menggarap kegiatan nonfisik meliputi administrasi kependudukan, kesehatan masyarakat, bela negara, bahaya narkoba, tertib lalu lintas, penyakit hewan menular dan budidaya ikan, UU Ketenagakerjaan, kesehatan reproduksi remaja, serta pengelolaan sampah. TMMD Reguler ke-99 berlangsung mulai 4 Juli – 4 Agustus mendatang. (OKZ)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resmi Dibuka, Wagub DIY Apresiasi Program TMMD"

Posting Komentar