Rizal Zubaidi Ubah Limbah Mebel Jadi Barang Bernilai Ekonomis


sem bada.id –Warga Ponorogo, yang sekarang tinggal di Ngangkrik, Tridadi, Sleman Rizal Zubaidi, 48 berhasil mengolah limbah mebel menjadi barang bernilai ekonomis. Yaitu menjadi  produk rumah tangga, seperti  tempat gelas,piring, tisu, meja kursi dan kerajinan lainnya. Hasilnya sekarag cukup mengemberikan, karena sudah banyak order yang datang untuk produk-produk  tersebut.

Rizal Zubaidi mengatakan ide awal membuat produk rumah tangga dari limbah mebel ini, karena melihat limbah mebel  yang sudah tidak terpakai teronggok menumpuk.  Rizal  sendiri merupakan pengrajin mebel dengan bahan dasar kayu kaji.   Melihat hal itu kemudian berpikir bagaimana memanfaatkan limbah tersebut. Apalagi  usaha mebel miliknya mulai lesu, akibat naikknya bahan baku dan pesanan yang terus menurun.

“Akhirnya empat tahun lalu saya banting setir membuat produk rumah tangga dari limbah mebel ini,” kata Rizal di showroom kerajinannya Ngagkrik, Tridadi, Sleman, Minggu (23/7/2017).

Menurut Rizal,  untuk mengerjakan produk-produk tersebut, dirinya dibantu beberapa teman dan dari usahanya itu, produknya mulai dikenal. Namun dalam memproduksi tetap berdasarkan pesanan.  Meski bergitu tetap mengikuti perkembangan model kerjina terbaru, sehingga produk kerajinannya selalu update.

“Untuk produksi ini bisa membuat rata-rata 50 pieces per minggu,” paparnya.

Rizal menjelaskan karena produknya berdasarkan pesanan,  maka tidak memberi nama kerajinannya tersebut.  Soal  produknya diklaim pihak lain. Rizal mengaku tidak masalah. Alasannya untuk produk kerajinan, umurnya tidak  akan lama dan akan selalu ada model terbaru. Jika tidak mengikuti  maka produk lama akan ditinggalkan.

“Itulah mengapa produk ini tidak saya beri merek,” terangnya.


Untuk pemasaran sendiri, selain berdasarkan pesanan, Rizal  juga mengikuti  pameran kerajinan.  Harga per pieces sendiri tergantung  jenisnya. Hanya saja masih sangat tejcangkau.  Soal omzet,  saat ini kurang lebih Rp40 juta. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rizal Zubaidi Ubah Limbah Mebel Jadi Barang Bernilai Ekonomis"

Posting Komentar