Bupati Sleman Silaturahmi Ke Kyai


Sembada.Id - Bupati Sleman, Sri Purnomo bersama bersama dengan Forkompimda dan OPD melakukan silaturahmi kepada Kyai, Ulama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Sleman, Kamis (6/7). Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Salah satu yang dikunjungi rombongan Bupati Sleman adalah pengurus atau takmir Masjid Pathok Negoro Plosokuning Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Rombongan bupati disambut dengan hangat oleh pengurus masjid dan masyarakat sekitar di serambi Masjid Pathok Negoro Plosokuning. Turut hadir pada acara tersebut GBPH Prabukusumo atau yang akrab disapa Gusti Prabu dan KRT H. Jatiningrat atau yang biasa disapa Romo Tirun.

Gusti Prabu pada kesempatan tersebut berbicara terkait isu toleransi yang sedang hangat akhir-akhir ini. Menurutnya toleransi harus diaplikasikan dalam kehidupan kita secara utuh, baik dalam tindakan, sikap dan ucapan. Karena, lanjut Gusti Prabu, agama apapun pada prinsipnya mengajarkan kita untuk bertindak dan berucap yang baik. “Kebetulan saya kurang puas dengan slogan Saya Indonesia, Saya Pancasila. Menurut saya cara menyampaikannya itu kurang masuk ke hati yang paling dalam. Jadi perlu dibuktikan dengan sikap dan tindakan”, tegas Gusti Prabu.

Lebih lanjut Gusti Prabu mengatakan bahwa toleransi adalah sebuah keniscayaan. Menurutnya kita tidak bisa memilih untuk lahir dan besar di keluarga yang beragama apa, lahir dimana, berbahasa apa. Artinya, menurut adik dari HB X tersebut kita harus saling toleransi terhadap sesama manusia tanpa mebedakan Suku, Agama, Rasa dan Golongan. “Kita harus bisa mensyukuri dan menikmati perbedaan ras, budaya, adat yang disebut dengan paugeran”, tutur Gusti Prabu.

Sebelum bersilaturahmi ke Masjid Pathok Negoro Plosokuning, Bupati beserta rombongan terlebih dahulu melakukan silaturahmi ke dua tokoh lainnya. Yang pertama Bupati beserta rombongan bersilaturahmi ke kediaman PD Muhammadiyah, Drs. KH. A. Kholiq Muhtar, M.Si, di Peumahan Banteng Kecamatan Ngaglik. Kemudian yang kedua bersilaturahmi ke kediaman Ketua MUI Sleman, Drs. KH. Ma’mun m. Muro’i, LML di Dusun Klabanan, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Sleman Silaturahmi Ke Kyai"

Posting Komentar