Prevelansi Penyalahgunaan Narkoba DIY Tinggi



Sembada.Id-Tingkat prevalensi penyalahgunaan narkoba di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tinggi. Hasil survey Puslitkes dan BNN tahun 2016 mencatat  ada 60182 orang  sebagai penyalahguna narkoba atau 2.27% dari total populasi penduduk di DIY.  Dari jumlah tersebut paling banyakkalangan pelajar dan mahasiswa.  DIY sendiri untuk penyalahgunaan narkoba menduduki peringat delapan se Indonesia.  Atau turun dibandingkan tahun sebelumnya, yang berada di posisi lima.

“Dari  60182 orang penyalagunaan narkoba tersebut,  yang tertangkap  594 orang dan yang direhabilitasi  1088 orang. sehingga masih ada selisih yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk menekan prevalensi penyalahguna dan peredaran gelap  narkoba tersebut,” kata Kepala BNNP DIY Brigjen Pol  Mardi  Rukmianto saat peringatan hari anti narkotika internasional (HANI) tingkat DIY yang dipusatkan di Gedung Serbaguna, Sleman,  Kamis (13/7/2017).

Mardi menjelaskan masih tingginya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di dalam masyarakat menunjukkan kecenderungan semakin meningkat dengan korban yang semakin meluas, terutama di kalangan anak-anak,  remaja, generasi muda, oknum aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota kepolisian, kepala daerah hingga di lingkungan pesantren.

“Karena  itu ini menjadi permasalahan yang harus segera dicarikan solusi,” tandasnya.   

Kepala  BNN kabupaten sleman Kuntadi mengatakan untuk menekan prevelansi narkoba di  Sleman, selain dengan membentuk satgas anti narkoba, juga dengan  pendampingan dan pembinaan serta mengandengan komunitas.  Seperti  dalam rangkaian peringatan HANI 2017 menggandeng komunitas mobil  untuk konvoi anti narkoba bersama mobil si biru,  melaksanakan talkshow angkringan serta kampanye simpatik sebagai kegiatan pra HANI.

“Untuk  puncak HANI,  bekerjasama dengan jajaran forkompida Sleman melakukan kegiatan car free day serta pagelaran seni HANI,” terangnya.


Dalam kesempatan itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengukuhkan Satgas Anti Narkoba enam desa , yaitu  desa Kepuharjo Cangkringan,  Girikerto Turi,  Mororejo dan Margorejo Tempel, serta Trimulyo  dan Pandowoharjo  Sleman.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prevelansi Penyalahgunaan Narkoba DIY Tinggi"

Posting Komentar