Sendangadi Gelar Gladi Penanggulangan Bencana Puting Beliung


 
 sembada.id – Desa Sedangadi, Mlati, Sleman menggelar gladi lapangan dalam menghadapi bencana putiing beliung  di lapangan desa setempat, Rabu (26/7/2017).  Selain untuk menyiapkan warga dalam menghadapi bencana, kegiatan itu sekaligus menandai dikukuhkannya forum pengurangan resiko bencana desa Sendangadi.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan adanya forum ini penting. Sebab dengan kondisi Sleman yang memiliki beberapa potensi bencana, maka bukan hanya membutuhkan masyarakat yang tangguh namun juga harus siap karena bencana dapat terjadi kapan saja. Untuk itu penguatan kelembagaan masyarakat dan pengurangan resiko bencana perlu dibentuk.

 “Hal lainnya, yaitu dengan wajib latih penanggulangan bencana  bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana seperti yang dilaksanakan di Desa Sendangadi ini,” kata Muslimatun panggilan Sri Muslimatun dalam kegiatan tersebut.

Menurut Muslimatun, dengan adanya forum pengurangan resiko bencana itu, juga diharapkan masyarakat agar mengubah cara pandang dalam menghadapi bencana yang semula responsif menjadi preventif yaitu pengelolaan resiko bencana. Selain itu,  masyarakat juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana.  Sehingga dengan kesiapsagaan tersebut dapat bermanfaat dalam menentukan langkah-langkah yang tepat dalam mengantisipasi jatuhnya korban jiwa

 "Saya berharap forum pengurangan resiko bencana mampu menjadi motor penggerak masyarakat dalam mitigasi bencana,” harapnya.

Menurutnya Desa Sendangadi salah satu wilayah di kabupaten sleman yang tidak lepas dari terjadinya bencana. Tercatat mulai dari bulan januari sampai dengan juli tahun 2017 di wilayah Sendangadi terjadi angin puting beliung di 24 titik.

 Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Joko Supriyanto menambahkan kegiatan gladi lapang tersebut dilakukan untuk menerapkan standar operasional prosedur yang telah disusun selama pelatihan dengan ancaman bencana puting beliung.

 “Wajib latih ini melibatkan 200 warga Sendangadi yang dilaksanakan dengan enam kali pertemuan dengan rincian empat kali klasikal dengan materi pemahaman potensi ancaman bencana, resiko bencana dan dua kali pertemuan outdoor berupa gladi kotor dan gladi bersih,” tambah mantan Kepala Satpol PP Sleman itu. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sendangadi Gelar Gladi Penanggulangan Bencana Puting Beliung"

Posting Komentar