Sleman Gelar Lomba Macapat Tingkat SMA




semabad.id – Pemkab Sleman menggelar lomba macapat tingkat SMA sederajat di pendopo rumah dinas, Kamis (27/7/2017). Lomba ini diikuti 71 peserta, terdiri dari peserta putri 60 orang dan pria 11 orang.  Ada dua kategori macapat dalam lomba itu, yakni wajib dan pilihan. Untuk macapat wajib, yakni sekar dandanggula dan pilihan sinom ginonjing dan darmo kawin.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi Melalui lomba macapat tersebut bukan hanya untuk mengenalkan generasi muda terhadap karya sastra leluhur, namun juga mendukung program pemerintah untuk menjadikan kecamatan  sebagai pusat pelestarian budaya masyarakat.

“Lomba macapat ini perlu dipertahankan dan diselenggarakan secara rutin dan
diharapkan semakin termotivasi untuk lebih mengenal sekaligus melestarikan budaya jawa,” kata Sri Purnomo dalam sambutan yang dibacakan ahli Bidang staf ahli bupati bidang Pemerintahan dan Hukum Pemerintah Mustain Aminun.

Menurut bupati karena lomba macapat selain akan membentuk jati diri, kepribadian serta wahana aktualisasi ketajaman berpikir dan bertindak, termasuk meregenerasi kaum muda untuk senang dengan seni tradisional, maka kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baikknya.

“Lomba macapatan ini juga merupakan bentuk menjaga keistimewaan Yogyakarta. Karena Keistimewaan tidak hanya dimaknai secara politik tetapi juga keistimewaan dalam hal Budaya yang adiluhung,” tandasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman HY.Aji Wulantoro menambahkan kegiatan yang merupakan  program kerja Bidang Peninggalan Budaya Nilai dan Tradisi Disbud ini bertujuan
untuk memberikan wahana beraktifitas bagi siswa dalam bidang sastra khususnya macapat. Serta menumbuhkembangkan minat dan bakat para siswa pada seni sastra macapat.


Sedangkan dalam lomba tersebut siswi SMK 1 Godean Rosabela Cahyaningtyas ditetapkan menjadi juara pertana, diiikuti B.Ririh R  dari SMAN I Seyegan sebagai juara II, Juara III Mugiyanti dari SMKN I Kalasan.  Juara Harapan I Monica Cahya Dewi  dari SMK Sanjaya Pakem, Juara Harapan II Syam Rahayuningsih dari  SMAN I Tempel dan Juara Harapan III Riyani W dari SMAN  I Minggir.  (sbd) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Gelar Lomba Macapat Tingkat SMA"

Posting Komentar