Sleman Gelar Lomba Olahan Pangan Lokal BS2A



sembada.id (SLEMAN) – Pemkab Sleman menggelar lomba masak berbahan dasar non beras dan terigu menu beragam, bergisi, seimbang dan aman (BS2A) di pendopo rumah dinas bupati setempat, Kamis (20/7/2017). Lomba tersebut diikuti 15 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Sleman. Dua kecamatan, yaitu Godean dan Gamping tidak mengikuti kegiatan tersebut karena saat bersamaan ada acara lain di kecamatan setempat.

Kabid Pangan dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman Suparmono mengatakan selain untuk diversifikasi pangan, lomba ini juga untuk memanfaatkan pangan yang ada di pekarang sekaligus mendukung ketahanan pangan. Para peserta dalam lomba itu diminta untuk menyajikan resep makanan keluarga selama tiga hari dengan menu berbeda. Yaitu untuk menu pagi, siang, sore dan snack.

“Namun untuk penilaiannya hanya yang disajikan hari ketiga senlai Rp100 ribu,” kata mantan kabid perikanan dinas pertanian, perikanan dan kehutanan (DP2K) Sleman itu di sela-sela lomba.

Pramono menjelaskan pemenang lomba ini nantinya akan mewakili Sleman dalam lomba yang sama di tingkat propinsi, jika berhasil menang akan maju lagi ke tingkat nasional mewakili DIY. Untuk tingkat propinsi pada bulan Agustus dan tingkat nasional bulan September, bertepatan dengan hari pangan.

“Juri dalam lomba ini berasal dari UGM, APJBI, tim pengerak PKK, Dinkes dan Dinas Pertanian Sleman,” terangnya.

Untuk penilaian sendiri dilihat dari  kreativitas pengembangan resep yaitu jenis bahan pangan lokal, daya cipta resep dan kesesuaian menu serta penyajian yang meliputi penampilan hasil olahan dan aspek keamanan. Sedangkan dari hasil lomba, tim dari kecamatan Seyegan ditetapkan menjadi juara pertama, juara kedua tim dari kecamatan Mlati dan juara ketiga tim kecamatan Berbah.


Ketua TP PKK Sleman Kustini Sri Purnomo menambahkan sangat mendukung dengan lomba ini. Sebab acara tersebut bukan hanya akan meningkatkan ekonomi masyarakat, Namun juga untuk mengurangi ketergantgungan mengkonsumsi beras. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Gelar Lomba Olahan Pangan Lokal BS2A"

Posting Komentar