Sleman Sosialisaikan Senam Vitalisasi Otak Lansia


Sembada.Id-Pemkab Sleman mensosialisasikan senam vitalisasi otak lansia di pendopo rumah dinas bupati setempat, Selasa (11/7/2017). Kegiatan yang diikuti 250 peserta itu dibuka oleh Wakil bupati Sleman, Sri Muslimatun.  Acara tersebut bertujuan untuk  meningkatkan derajat  kesehatan dan mutu kehidupan usia Lanjut, terutama dalam mencapai masa tua yang bahagia, berdaya dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai keberadaanya. Sosialisasi dikemas dalam bentuk sarasehan dan senam lansia.  Bertindak sebagai  nara sumber  dr. Probo Suseno,  Sp.PD dari RSUP dr.Sardjito.

Bupati  Sleman Sri Purnomo  dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan vitalisasi otak lansia penting, khususnya dalam menjaga kondisi  agar tetap fit. Sebab saat lansia selain akan terjadi  penurunan sensorik dan monotorik pada susunan saraf pusat, otak  juga akan mengalami perubahan struktur dan biokimia. Dampaknya akan mengalami penurunan fungsi otak yang akan terlihat dari penurunan keseimbangan tubuh.

“Dengan kondisi ini, maka  para lansia diharapkan melakukan aktivitas fisik yang bersifat aerobik dengan waktu dan intensitas yang ringan,” katanya.

Untuk itu dengan  terjaga kesehatannya, diharapkan kualitas hidup serta produktivitas para lansia akan semakin meningkat. Dengan memiliki kualitas hidup yang baik  lansia dapat menghadapi dan menjalani usia lanjut dengan penuh kebahagiaan.

“Beberapa studi melaporkan bahwa aktivitas fisik bagi lansia bermanfaat untuk mempertahankan kebugaran dan kekuatan otak, meningkatkan fungsi kognitif serta  keseimbangan tubuh. Salah satu alternatif fisik yang dapat dilakukan oleh lansia adalah senam vitalisasi otak,” ungkapnya.

Kepala dinas kesehatan (Dinkes) Sleman Nurulhayah menambahkan  Kegiatan Sosialisasi tersebut juga menjadi salah satu cara menjaga agar kesehatan para lansia semakin meningkat. Dengan tetap terjaga kesehatannya, diharapkan kualitas hidup serta produktivitas para lansia akan semakin meningkat.

“Dengan memiliki kualitas hidup yang baik di usia lanjut, maka para lansia dapat menghadapi dan menjalani usia lanjut dengan penuh kebahagiaan,” tambahnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Sosialisaikan Senam Vitalisasi Otak Lansia"

Posting Komentar