Tekan Gangguan Kamtibmas Warga Turi Giatkan Siskamling



sembada.id - Apa yang dilakukan warga Sidoharjo, Dusun Kendal, Bangunkerto, Turi ini patut ditiru bagi warga lain, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), yaitu tetap mempertahankan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dengan ronda setiap
malam.  Selain itu, juga dengan penyuluhan tentang budaya aman dan tertib di masyarakat.  Sehingga dengan langkah tersebut diharapkan situasi kondusif tetap dapat terjaga.

Kegiatan warga sendiri, bukan hanya berlangsung sekarang, namun sudah terbangun sejak lama, bahkan di tahun 1990-an pernah mewakilan DIY dalam lomba Siskamling tingkat Polda Jateng-DIY.

Warga setempat Nuryanto mengatakan selain uintuk meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dari bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas,  kegiatan ini juga untuk membangun kebersamaan warga dalam menjaga lingkungannya. Terlebih kesadaran warga itu juga sebagai potensi pengamanan swakarsa.

“Karena itu, kegiatan ini (Siskamling) harus terus dilestarikan dan ditingkatkan guna mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan,” kata Nuryanto, Senin (31/7/2017).

Nuryanto  menjelaskan dengan  Siskamling bukan hanya untuk memberikan rasa aman, namun juga tercipta budaya. Sebab dalam Siskamling ronda keliling kampung  itu, warga menggunakan beberapa kenthogan  untuk membangunkan warga, sehingga selalu siaga dalam menjaga keamanan
lingkungannya masing-masing.

“Dari kegiatan ronda ini  lahir kesenian Thek-thek,” terangnya.

Kapolsek Turi  AKP Rubiyanto menambahkan sangat mendukung kegiatan warga  Sidoharjo tersebut.  Terlebih wilayah Sidoharjo yang berada disepanjang alternatif Yogya-Solo sangat rawan terjadi potensi gangguan kamtibmas yang harus selalu diwaspadai setiap saat. Selain
itu,  siskamling ini merupakan model  Polisi Masyarakat (Polmas) dalam menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Dari kegiatan ini juga meminimalisir terjadinya peristiwa yang bisa mengganggu kegiatan masyarakat,” tambahnya. (kiriman warga Sidoharjo, Bangungkerto, Turi, Arief  Hartanto)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tekan Gangguan Kamtibmas Warga Turi Giatkan Siskamling"

Posting Komentar