TMMD Reguler Wujud Pelestarian Budaya Gotong-Royong


Sembada.id - Seiring perjalanan waktu, di zaman globalisasi seperti sekarang ini, dimana zaman ilmu teknologi semakin berkembang dan maju, tidak bisa dipungkiri telah sedikit membawa perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Kesadaran untuk hidup bertoleransi, bersatu, mengedepankan budaya gotong-royong pun mulai memudar.

Namun, dengan hadirnya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul, yang dilaksanakan di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupanten Bantul telah terbukti mampu mengembalikan serta mempertahankan nilai-nilai budaya gotong-royong, kebersamaan dan toleransi yang merupakan peninggalan serta warisan leluruh (nenek moyang) bangsa Indonesia.

Melalui program TMMD Reguler Kodim Bantul kali ini, sejumlah target sasaran pembangunan fisik, seperti pembuatan akses jalan yang menghubungkan 2 dusun, adalah Dusun Kajor dan Dusun Nawungan lewat proses bedah bukit, kemudian membangun jembatan sebagai sarana penting warga, cor blok jalan dan sasaran fisik lainnya, terbukti warga di 2 dusun itu tanpa diminta langsung melibatkan diri. Bahu-membahu bersama prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD reguler Kodim Bantul.

Prajurit TNI dan masyarakat silih berganti mencangkul, mengangkat material atau mengaduk campuran pasir dan semen, lalu mengecor jalan atau meratasan tanah jalan. Pemandangan indah. Demikian ketika harus melepas lelah, prajurit TNI dan warga duduk bersama, minum dan menikmati makan siang nasi bungkus di bawah pepohonan di lokasi TMMD reguler.

“Kebersamaan TNI dan Rakyat tak lagi bisa dipungkiri. Kami sudah menyatu dan tak bisa dipisahkan. Pagi kami bekerja bersama. Ketika lelah, kami istirahat, berteduh, minum dan makan nasi bungkus bersama. Nilai-nilai budaya gotong-royong terasa kental diantara kami,” terang Sersan Satu (Sertu) Agung disela-sela menikmati makan siang dengan nasi bungkus bersama warga Dusun Kajor. (*)  



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TMMD Reguler Wujud Pelestarian Budaya Gotong-Royong"

Posting Komentar