UIN Sunan Kalijaga Segera Dirikan Pusat Studi Pancasila




Sembada.id - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berencana segera mendirikan Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara. Rencana tersebut sebagai wujud nyata untuk meneruskan perjuangan Sunan Kalijaga dalam mengimplementasikan Islam yang Rahmatan Lil Alamin di Indonesia.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Yudian Wahyudi melalui press release Sabtu (8/7) mengatakan, pendirian Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara tersebut juga bertujuan untuk menghapuskan stigma bahwa Islam itu pemberontak atau radikal.

"Sejak dulu kita sudah tahu kalau Indonesia itu negara yang pluralistik. Dan untuk mengimplementasikan Islam yang Rahmatan Lil Alamin, kami juga bertekat untuk konsisten mengembangkan budaya Iqro’ (membaca) di kampus ini," ujarnya.

Guru Besar Lulusan Harvard University ini pun menyampaikan, melalui Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara, UIN Sunan Kalijaga akan dengan mudah meneruskan perjuangan Sunan Kalijaga dalam membumikan Islam. Dengan budaya Iqro’, pihaknya pun bisa lebih membuka lebar-lebar wawasan pemikiran umat muslim.

"Dengan memiliki wawasan yang luas, umat muslim tidak dengan mudah terjebak pada pemikiran-pemikiran sempit. Misalnya, gerakan Islam radikal atau mengkafirkan yang berbeda. Dengan budaya Iqro’ juga akan membiasakan umat Muslim berpandangan 'pesan apa yang disampaikan', bukan 'siapa yang menyampaikan'," jelasnya.

Yudian menambahkan, dengan memiliki pandangan yang lebih luas, maka turut membantu menghapuskan herarki atau perbedaan status. Sehingga semua umat akan merasakan mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk melahirkan ilmu dan teknologi yang bermanfaat, berbuat kebaikan dan apa saja yang bisa mendatangkan pahala sebagai ladang amal jariah.

"Semakin banyak amal seseorang, maka ia akan semakin ikhlas menghadapi kematian untuk menghadap Sang Khaliq. Orang yang selalu berbuat kebaikan dan memiliki banyak simpanan amal jariah, maka ia tidak pernah merasa takut menghadapi malaikat maut. Dan itula sesungguhnya penjabaran Islam yang Rahmat di bumi pertiwi ini," imbuhnya. (Sbd/*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UIN Sunan Kalijaga Segera Dirikan Pusat Studi Pancasila"

Posting Komentar