Walikota Kagoshima, Jepang Terkesan Penangganan Bencana Erupsi Sleman





sembada.id 
– Langkah Pemkab Sleman dalam menanggani korban bencana erupsi gunung Merapi 2010 lalu mendapat pengakuan dari dunia luar. Satu di antaranya dari Kagoshima, Jepang. Hal tersebut diketahui saat walikota Kagoshima, Mori Hiroyuki bertemu bupati Sleman Sri Purnomo di aula lantai 3 Pemkab Sleman, Rabu (26/7/2017).

“Saya sangat terkesan dengan langkah Sleman dalam menanggani bencana erupsi dan juga semangat gotong royong para korban  erupsi dalam menghadapi bencana tersebut. Sehingga mampu bangkit secara ekonomi ataupun dari trauma dengan cepat,” aku Mori Hiroyuki dalam pertemuan itu.

Bukan hanya itu, walikota Kasoghima juga menawarkan Pemkab Sleman untuk belajar dalam pemanfaatan teknologi. Terutama sistem informasi online.

Walikota Kagoshima Mori Hiroyuki berkunjung ke Sleman ini dalam rangka tukar informasi soal penanganan mitigasi bencana erupsi sekaligus sebagai  kunjungan balasan. Karena bupati Sleman Sri Purnomo tahun 2013 lalu juga berkunjung ke Kagoshima pada acara International Association of Volcanology and Chemistry of the Earth’s Interior ( IAVCEI) 2013.

Dalam kunjungan ini, walikota Kagoshima dan rombingan bukan hanya mendapat paparan soal penangganan bencana erupsi gunung Merapi dari bupati Sleman, namun juga melihat langsung tempat-tempat yang berdampak erupsi. Seperti Museum Gunung Merapi (MGM),  Pos Pengamatan Gunung Api Merapi di Kaliurang dan  Petilasan Rumah Mbah Marijan di Kinahrejo Umbulharjo Cangkringan.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam kesempatan itu bercerita tentang langkah Sleman dalam menanngani bencana dan pasca letusan gunung Merapi 2010 lalu. Baik yang menyangkut korban maupun pemulihan ekonominya. Khusus untuk pemulihan perekonomian lebih menekankan pada kearifan lokal dan aspek memberdayakan masyarakat serta mengembalikan mata pencaharian masyarakat seperti sebelum terjadi bencana tersebut. Termasuk memberikan bantuan usaha produktif melalui kelompok ekonomi yang produktif.


“Selain itu kami juga menata kembali objek pariwisata yang ada di lereng merapi, satu di antaranya Lava and Volcano Tour,” kata Sri Purnomo.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Walikota Kagoshima, Jepang Terkesan Penangganan Bencana Erupsi Sleman"

Posting Komentar