BPK Minta Disdukcapil Sleman Tingkatka Kinerja




sembada. id – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan DIY meminta dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Sleman meningkatka kinerja. Permintaan ini bukan tanpa alasan. Sebab dari pemeriksaan awal terhadap kinerja administrasi kependudukan di instansi tersebut hasilnya kinerja Disdukcapil kurang optimal.

“Hasil dari pemeriksaan awal ini diharapkan mampu menjadi perhatian pemkab Sleman, khususnya Dukcapil, guna mengevaluasi kinerjanya sebelum pemeriksaan terperinci,” kata Kepala Sub Auditorat BPK DIY, Nur Miftahul Lail  saat penutupan pemeriksaan awal BPK di ruang rapat Setda B Pemkab Sleman, Selasa (8/8/2017).

Miftahul menjelaskan tim auditor BPK dalam pemeriksaan awal ini fokus pada tiga hal, yaitu pendataan penduduk dan pencatatan sipil, pengelolaan data informasi, dan pendayagunaan database kependudukan. Hasil pemeriksaan akan diinventarisir,  kemudian dikoordinasikan dengan pusat untuk selanjutnya dijadikan kriteria atau acuan pemeriksaan di tingkat nasional.

“Untuk pemeriksaan lanjutan akan dilakukan Septemnber,” terangnya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengharapkan Disdukcapil dapat mengunakan hasl pemeriksaan awal BPK itu sebagai acuan untuk memperbaiki sektor yang dinilai kurang optimal.

“Monggo dilaksanakan rekomendasi yang diberikan oleh tim pemeriksa,” tandasnya.


Kepala Disdukcapil Sleman, Jazim Sumirat siap melaksanakan rekomendasi BPK itu. Sehingga, dalam pemeriksaan terperinci yang akan dilaksanakan September nanti, mampu memperoleh hasil pemeriksaan yang lebih baik lagi. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPK Minta Disdukcapil Sleman Tingkatka Kinerja"

Posting Komentar