Buang Sampah Sembarang Warga Sleman Disanksi Tipiring




sembada.id - Kesadaran warga Sleman untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat masih rendah, Terbukti saat  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Satpol PP Sleman melakukan patrol sampah liar, masih menemukan warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya.  Satu di antaranta saat melakukan patroli sampah liar di kecamatan Gamping, tepatnya di depo pembuangan sampah Nogotirto, Gamping,  Selasa (22/8/2017)  berhasil menangkap sembilan warga yang membuang sampah di tempat itu. Padahal di tempat itu sudah ditulis larang membuang sampah.  

Warga yang  tertangkap membuang sampah sembarang saat patrol sampah liar bukan hanya itu saja, sebab saat melakukan kegiatan yang sama,  tanggal 19 dan 20 Agustus lalu juga  berhasil menjaring Sembilan warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

Sesuai Perda  Sleman No 4/2015 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga, warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya akan dikenai  sanksi. 

Kepala Staf Pelayanan Persampahan DLH Kabupaten Sleman, Krisdiyanto mengatakan  bagi  warga  tertangkap membuang sampah sembarang,  akan diproses dan dibawa  ke pengadilan  negeri  (PN) Sleman untuk menjalani siding tindak pidana ringan (tipiring). Merekan akan menjalani siding, Jumat (25/8/2017). 

“Untuk sanksi   sesuai dengan tingkat kesalahannya.  Yaitu  mulai dari peneguran, membayar retribusi, hingga kurungan penjara,” kata Kusdiyanto di ruang kerjanya, Rabu (23/8/2017).

Krisdiyanto menjalaskan  selain  untuk menjaga kebersihan lingkunagn, patroli  sampah liar tersebut,  juga untuk membina masyarakat agar tidak membuang sampah  di sembarang tempat.  Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat  disiplin dan mematuhi papan larangan yang telah dipasang oleh DLH dengan tidak membuang sampah di tempat tersebut.


“Kami juga menghimbau masyarakat Sleman untuk mengelola sampah di lingkungannya dengan baik, supaya tidak merugikan orang lain.  DLH siap membantu. Silahkan ajukan permohonan ke kami, nanti kita yang akan ambil sampah di lingkungan tersebut dengan truck,” jelasnya. (sindonews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buang Sampah Sembarang Warga Sleman Disanksi Tipiring"

Posting Komentar