Mahasiswa Baru FTSP UII Dibekali Bela Negara



sembada.id – Mahasiswa baru Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mendapatkan bekal bela negara mengawali perkualihan di aula kampus setempat, Rabu (23/8/2017). Bekal bela negara disampaikan dalam bentuk dialog kebahangsaan dengan mengundang pembicara Kepala departemen kemimpinan dan kejuangan (kadep  pimjuang) Akademi Militar (Akmil) Magelang Kol  Infantri Ade Andrian.

Kol  Infantri Ade Andrian dalam pemaparanya mengatakan pengetahuan tentang bela negara ini penting bagi mahasiswa. Sebab perang saat ini bukanlah perang secara konvensional seperti dahulu. Tetapi saat ini berupa perang proxywar  atau lebih menggunakan pihak ketiga, seperti contoh dengan mengusai sektor ekonomi.

“Bela negara juga dapat diwujudkan oleh generasi muda dengan tidak melakukan tawuran, penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan kehidupan pergaulan bebas,” tandanya.

Menurut Ade  dengan langkah ini diharapkan akan memperkuat ideologi.  Karena jika sendi-sendi ideologi sudah melemahkan negara asng dapat dengan mudah menguasi  Indonesia.

Hal lainnya yang harus dimiliki para mahasiswa yaity pengetahuan tentang strategi. Sebab saat nanti masuk ke ranah politik, seperti menjadi Bupati, Walikota, Gubernur atau bahkan memimpin negara ini, strategi ini dibutuhkan untuk mengatur wilayahnya agar tidak terjadi gejolak.

Dekan FTSP UII Widodo Brontowyino menambahkan  dialog kebangsaan ini, selain untuk  membekali mahasiswa tentang Ideologi, juga bagian dari pengenalan kampus kepada mahasiswa baru, baik cara belajar maupun hal teknis lainnya.

“kegiatan ini juga untuk menyampaikan sistem informasi  manajemen di UII dan manfaatnya,” tambahnya.


Menurut Widodo dalam pengenalan kampus tersebut juga lebih mengedepankan edukasi, sehingga tidak ada  kegiatan dengan kekerasan fisik dan verbal, namun lebih diutamakan  dengan sopan, meyenangkan,  senyum dan berbasis manfaat. Muaranya  bahagia untuk semua. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa Baru FTSP UII Dibekali Bela Negara"

Posting Komentar