Margorejo Rintis Desa Kantong Budaya


sembada.id – Desa Margorejo, kecamatan Tempel, Sleman merintis desa kantong budaya. Sebagai langkah awal rintisan tersebut dengan menggelar berbagai pertunjukkan seni dan bazar di halaman balai desa setempat, mulai pagi hingga malam pada 29 Juli lalu.  Puncak acara ditandai pergelaran wayang kulit  lakon Wahyu  Katentreman oleh dalang Ki Bayu Hadi Sugito.   Kepala Desa Margorejo, Amad Jalaludin  secara simbolis menyerahkan wayang Arjuna kepada dalang.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman Aji Wulantara mengatakan menyambut baik dengan apa yang dilakukan desa Margorejo tersebut. Upaya ini juga selaras dalam mewujudkan masyarakat berbudaya yang dimulai secara berjenjang dari tingkat desa.

“Perwujudan masyarakat berbudaya di Sleman dilakukan berjenjang dari kantong budaya yang dipilih pada suatu desa dengan potensi dasar,” kata Aji menanggapi upaya desa Margorejo itu, di ruang kerjanya, Jumat (4/8/2017) .

Menurut Aji setiap desa sebenarnya memiliki potensi kebudayaan. potensi itu kemudian diberdayakan menjadi rintisan yang pada akhirnya berkembang  sebagai desa budaya.

Selanjutnya menjadi tugas pemerintah untuk mengarahkan dan membina aktivitas budaya yang ada di tengah masyarakat tersebut agar bisa berkembang. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Margorejo Rintis Desa Kantong Budaya"

Posting Komentar