Pemkab Sleman Ganjar Penghargaan Pelestari Warisan Budaya



sembada.id – Pemkab Sleman memberikan penghargaan kepada pelestari warisan budaya, budayawan dan seniman dalam malam penganugerahan di ruang Merbabu Hotel Prima SR, Jalan Magelang, Sleman, Rabu (30/8/2017) malam. Ada 15 orang yang menerima penghargaan tersebut. Mereka terdiri dari lima penerima penghargaan pelestari warisan budaya, budayawan dan seniman.

Lima penerima penghargaan pelestari warisan budaya masing-masing, kepada pengelola talang air Van Der Wijk, pengelola Puskesmas Mlati 2, pengelola rumah tradisional Ngrajek, pengelola rumah tradisional R. Mangkuprobo, dan pengelola rumah tradisional Harjo Pawiro.  Kategori budayawan diberikan pada Purwadmadi, Sukiyat, Umar Saimin, Suwito, dan  Siswanto (alm). Sedangkan untuk kategori seniman penghargaan diberikan pada Sujarwo, Sarif Paelan (alm), Lamidi (alam), Suroto (alm) dan Wajiman (alm).

Ketua Tim Penggerak PKK Sleman yang juga selaku tim penilai kebudayaan Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada para penerima. Para penerima penghargaan itu juga mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman mengatakan pemberian penghargaan ini setelah melalui penilai yang ketat. Terutama subyek yang terkait dengan persoalan masyarakat yang berbudaya. Hal tersebut melihat visi Kabupaten Sleman ada satu arah yang terkait dengan kebudayaan yaitu terwujudnya masyarakat yang berbudaya.

“Itulah dasar pemberian penghargaan ini,” kata Aji panggilan Aji Wulantara.

Menurut Aji nya para penerima pengharagaan itu telah mendarmabhaktikan hidupnya untuk keberlangsungan budaya di Kabupaten Sleman. Mereka menjadi pendorong, penggerak, pioner terhadap tumbuh dan kembangnya kebudayaan.  

“Penerima penghargaan ini diumumkan saat penutupan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) di Sleman akhir  bulan lalu,” paparnya

Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya mengatakan perhargaan bukan hanya bentuk apresiasi atas  pengabdian penggiat, pelestari, dan pemerhati dalam menjaga  kelestarian budaya di Sleman, namun juga  pengakuan eksistensi mereka dalam mengeluti bidang tersebut. Sekaligus sebagai memotivasi kepada masyarakat lainnya untuk menjaga kebudayaan di Sleman,


“Masyarakat juga diharapkan mau melaporkan ke Dinas Kebudayaan jika di daerhanya ada suatu kesenian maupun kebudayaan. Sehingga kesenian yang masih ada dapat terus dijaga dan dikembangkan,” harapnya. (sbd

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Sleman Ganjar Penghargaan Pelestari Warisan Budaya"

Posting Komentar