Sleman Latih Kapistas Perangkat Desa Baru



sembada.id – Pemkab Sleman memberikan pembinaan tugas poko dan fungsi kepada para perangkat desa baru hasil seleksi pengisian jabatan bulan Juni lalu di lantai III Pemkab setempat, Senin (7/8/2017). Jumlah kepala desa yang mengikuti pelatihan ada 96 orang, di antaranya Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, Kepala  Urusan Keuangan, Kepala urusan Perencanaan  dan Dukuh.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan  pembinaan ini penting. Sebab perangkat desa yang baru sesuai dengan UU No 6/2014 tentang desa dan peraturan pelaksanaannya, selain dituntut segera beradaptasi dilingkungan kerjanya, juga  harus memahami tugas pokok dan fungsi sesuai jabatannya. Termasuk untuk penyiapan dan penguatan kapasitas aparatur pemerintah desa sebagai ujung tombak penyelenggaraaan pemerintah di desa.

“Semakin besar kewewenangan dan anggaran yang diberikan kepada desa, tentunya harus disertai dengan tanggungjawab semua stakeholder didalamnya,khususnya bagi perangkat desa,” kata Sri Purnomo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asekda Bidang Pemerintahan dan Kesra pemkab Sleman Supardi.

Peningkatan kapasitas perangkat  desa ini juga diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa yang menyebutkan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur desa, perangkat desa yang telah diangkat dengan Keputusan Kepala desa wajb mengikuti pelatihan awal masa tugas dan program-program pelatihan yang dilaksanakan pleh pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah desa.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kapasitas aparatur desa,” ungkapnya.

Menurut Sri Purnomo pemerintah desa bukan lagi sebagai obyek, tetapi sebagai subyek atau pelaku penggunaan itu sendiri. Sebagai subyek pembangunan, tidaklah cukup hanya berkerja keras, rajin dan jujur tetapi juga harus memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Kepala Dinas Pemberdayaan Maasyarakat dan Desa  (PMD) Sleman Purwatno Widodo menambahkan selain  untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa khususnya bagi perangkat  desa yang baru, pembinaa ini juga untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap aparatus pemerintahan desaa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya menejemen pemerintahan desa, dan sebagai media sosialisasi kebijakan-kebijakan pemerintah terkait penyelenggaraan pemerintahan desa. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Latih Kapistas Perangkat Desa Baru"

Posting Komentar