Bupati Sleman Resmikan Pojok Baca Candi Prambanan



sembada.id -  Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan semua  obyek wisata dan fasilitas umum atau tempat-tempat  yang banyak dikunjungi orang di Sleman akan dilengkapi dengan pojok baca. Hal ini bukan hanya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, tetapi juga sarana membudayakan kebiasaan membaca masyarakat termasuk  mendekatkan pengunjung terhadap tempat tersebut.

“Pojok baca ini langkah untuk mendekatkan masyarakat dengan buku sekaligus sarana edukasi,” kata Sri Purnomo saat meresmikan Pojok Baca Candi Prambanan, Rabu (20/9/2017).

Sri Purnomo menjelaskan meski dengan membaca banyak  informasi yang terserap dan memberikan  manfaat serta wawasan akan bertambah luas, namun  membaca  belum menjadi budaya di masyarakat. Karena itu, dengan pojok baca ini diharapkan membaca akan menjadi kebiasaan bhakan kebutuhan masyarakat.

“Selain di Candi Prambanan, saat ini yang sudah ada pojok  baca yaitu di desa wisata Pentingsari. Ke depan semua obyek wisata akan dilengkapi pojok baca,” terangnya.

Sri Purnomo menambahkan  selain dengan pojok baca, upaya lain untuk membudayakan membaca, yaitu  dengan  menyediakan layanan  buku elektronik (e-book) di perputakaan daerah (perpusda).  Dimana dengan layanan tersebut,  masyarakat  dapat dengan mudah mengakses  buku yang dicarinya.  Saat ini koleksi e-book sleman sudah lebih dari 650 judul.

“Dengan layanan e-book  masyarakat akan cepat dan akurat dalam mengakses informasi terhadap sumber-sumber informasi terutama  koleksi buku yang ada di perpusatakaan Sleman. E-book juga mendukung kabupaten pintar (smart regency) 2021,” ungkap bupati dua periode itu.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Sri Winarti menambahkan selain meresmikan pojok baca,  bupati juga memberikan penghargaan kepada Pustaka Sembada 2017 dan pemenang lomba minat baca siswa serta talkshow Gemilang Perpustakaan.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Sleman Resmikan Pojok Baca Candi Prambanan"

Posting Komentar