CCTV Pelanggar Lalu Lintas Belum Diterapkan Di DIY



sembada.id – Direktoral lalu lintas (Ditlantas) Polda DIY menyatakan belum akan menerapkan  pengintai digital untuk merekam para pelanggar lalu lintas di wilayah DIY. Ini lantaran belum semua titik belum semuanya  terpasang alat yang diperlukan, yaitu closed circuit television (CCTV).  Data Ditlantas Polda DIY, saat ini baru ada 65 CCTV yang terpasang di perempatan jalan di wilayah DIY.  Dari jumlah itu 15 milik Polda DIY, sisanya punya instansi lainya, di antaranya dinas perhubungan.

Direktur lalu lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Latif Usman mengatakan secara umum siap menerapkan CCTV untuk merekam pelanggar lalu lintas. Hanya saja untuk pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. Terutama menunggu kesiapan sarana dan prasana pendukung
kegiatan tersebut.

“Karena itu segera akan melakukan kooordinasi dengan instansi terkait,” kata Latif Usman usai evaluasi monitoring kegiatan lalu lintas di ruang rapat Ditlantas Polda DIY, Senin (11/9/2017).

Latif menjelaskan secara umum adanya CCTV tersebut sangat diperlukan. Terutama  dalam melakukan pengawasan lalu lintas.  Apalagi petugas tidak dapat melakukan pengawasan penuh terhadap  lalu lintas di jalan.

“Diharapkan dengan penerapan CCTV  nanti bukan hanya akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas namun juga akan menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas,”  tandasnya.

Mengenai penerapan eletronik tilang,menurut Latif sudah diterapkan di DIY.  Untuk kegiatan tersebut sudah dilaunching sejak awal tahun 2017 lalu. Untuk tilang elektronik ini pelanggar lalu lintas  bisa langsung melakukan pembayaran di bank atau atm terdekat.

“Bagi yang sudah membayar, dapat mengambil surat atau kendaraan yang ada dikepolisian dan bisa langsung melanjutkan perjalanan,” terangnya.

Kabagopsnal Ditlantas Polda DIY Kompol Vero Aria menambahkan CCTV nanti tidak hanya akan dipasang di persimpangan jalan raya, namun juga di area yang trouble dan  black spot traffic yang ada di DIY. (sindonews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CCTV Pelanggar Lalu Lintas Belum Diterapkan Di DIY"

Posting Komentar