Pesawat C-130 Hercules A-1301 Dimuseumkan



sembada.id - Fuselage atau badan pesawat C-130 Hercules  A-1301 akhirnya tiba di Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla), yang ada di komplek Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat (29/9/2017). Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga menyambut langsung kedatang badan pesawat Hercules tersebut di museum setempat.  Pesawat ini sebelumnya ada di Lanud Sulaiman, Bandung. Datangnya pesawat ini menambah koleksi pesawat  di Muspusdirla.

 Pesawat Hercules sendiri merupakan pesawat angkut milter  yang ditempatkan di skadron udara 32 Lanud Abdurrahman Saleh, Malang. Pesawat ini dibeli dari Amerika pada tahun 1960 dan langsung
dilibatkan dalam berbagai kegiatan, baik dalam intern TNI AU maupun Pemerintah.

Hanya saja  karena kondisi pesawat yang telah uzur dan tidak laik terbang tahun 20o4 tidak dioperaionalkan lagi. Setelah tidak dipakai dijadikan monumen di Pusdiklat Paskhas  Lanud Sulaiman, Bandung.  Dan sesuai dengan arahan KSAU Marskal TNI Hadi Tjahjanto pada awal Agustus lalu pesawat ini akan dipindahkan ke Muspurdirla.  Sebagai reralisasinya, 22  September lalu, secara resmi dipindahkan dari Lanud Sulaiman Badung menuju Muspurdirga melalui jalan darat dan sampai di Muspurdirga, Jumat (29/9/2017).

Kepala Muspusdirla  Letkol  Sus Dede Nasrudin mengatakan  secara umum koleksi pesawat yang ada  museum tersebut ditempatkan di dua tempat, yaitu di dalam ruang alat utama sistem  persenjataan (Alutsista) dan di shelter halaman museum .

“Untuk Hercules kami tempatkan di shelter halaman museum,” katanya, saat menerima kedatangan pesawat Hercules dari Bandung, di Muspusdirla, Jumat (29/9/2017).

Dede  Nasrudin menjelaskan shelter pesawat Hercules ada di sisi timur halaman  museum tepatnya di depan empat pesawat, yaitu T-34 Mentor, T-34 Charli, AS 202 Bravo dan Helikopter  SM1.

Pesawat Herculers ini merupakan pesawat buatan Amerika Serikat," paparnya.

Kepala penerangan dan perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto menambahkan tambahan koleksi pesawat Hercules di museum TNI AU  tersebut memang belum diresmikan. Namun begitu, dengan adanya tambahan koleksi tersebut, tetap diharapkan  dapat menambah pengetahuan dan wawasan  bagi generasi mudah, terutama yang menyangkut
dengan perkembangan pesawat  militer di Indonesia.

“Dan yang lebih penting lagi dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke museum, khususnya di museum TNI AU,” tambahnya.

Selain itu, dengan mengunjungi museum ini, bukan hanya menambah wawasan dan pembelajaran tentang sejarah, namun lebih dari itu dapat memupuk jiwa patriotise dan cinta tanah air serta udara Indonesia, termasuk menanamkan  jiwa-jiwa kepahlawanan kepada generasi muda. (sbd)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesawat C-130 Hercules A-1301 Dimuseumkan"

Posting Komentar