Prodi Teknik Lingkungan UII PTS Indonesia Pertama Terakreditasi Internasional



sembada. id  – Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) berhasil mendapatkan pengakuan dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang berpusat di Amerika Serikat.

Raihan ini menjadikan Prodi Teknik Lingkungan  FTPS UII sebagai perguruan tinggi swasta pertama  di Indonesia yang  terakreditasi Internasional.  Rektor UII Nandang Sutrisno secara simbolis menyerahkan akreditasi internsional tersebut kepada ketua Prodi Teknik Lingkungan FPTS UII Hudori, di aula Lt 3 FTSP, Jumat (22/9/2017).

ABET merupakan lembaga akreditasi internasional yang mengakreditasi perguruan tinggi untuk program studi di bidang applied and natural science, computing, engineering dan engineering technology. ABET sampai saat ini telah mengakreditasi 3.709 program pada 752 perguruan tinggi di 30 negara.

Ketua Prodi Teknik Lingkungan FPTS UII Hudori mengatakan akreditasi internsional dari ABET ini menunjukkan kualitas pendidikan Teknik  Lingkungan UII setara dengan pendidikan tinggi maju di luar negeri. Imbas dari akreditasi ini, selain menjamin lulusannya memiliki standar internasional juga unggul di bidang inovasi dan teknologi.

“Ini juga membuktikan prodi teknik lingkungan swasta tidak kalah dengan prodi teknik lingkungan perguruan tinggi negeri,” kata Hudori usai penyerahan akreditasi internasional dari ABET, di aula kampus setempat, Jumat (22/9/2017).

Hudori menjelaskan untuk memperolah akreditasi ini tidak begitu saja, namun harus dengan kerja keras  sejak tahun 2012. Diawali dari peroleh akreditasi laboratorium  kualitas lingkungan dari komite akreditas nasional (KAN) tahun 2010, akredsitasi A dari BAN, tahun 2011  dan puncaknya tahun 2017 mendapatkan akreditasi internasional dari ABET.

“Target kami selanjutnya akan meningkatkan kulitas pendidikan, terutama dalam bidang rekayasa lingkungan di tingkat ASEAN,” terangnya.

Untuk mendukung target tersebut, akan membuka program magister dan profesi teknik lingkungan. Hal iini juga untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja di bidang teknik lingkungan yang masih terbuka lebar di Indonesia.

Rektor UII Nandang Sutrisno menambahkan capaian prodi teknik lingkungan ini, melengkapi capaian akreditasi internasional prodi lain di FTSP UII. Sebelumnya prodi  FTSP UII, yaitu prodi Teknik Sipil meraih akreditasi internasional dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) serta  prodi dan profesi Arsitektur dari Korean Architectural Accrediting Board (KAAB). Capain ini bukan hanya menunjukkan kualitas pendidikan di UII namun juga sesuai dengan komitmen UII untuk menuju world class university.

“Karena itu, agar upaya yang dilakukan tidak hanya berhenti setelah diperolehnya akreditasi internasional tersebut. Sebab bukan sekedar dokumen pengakuan akreditasi yang diperoleh, melainkan bukti dari raihan tersebut,” tandas Nandang dalam sambutannya. (sbd

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prodi Teknik Lingkungan UII PTS Indonesia Pertama Terakreditasi Internasional "

Posting Komentar