Puluhan Kendaran Pribadi Tidak Lolos Uji Emisi



sembada.id – Kendaraan pribadi roda empat  yang  melintas di kawasan Sleman, terutama milik dosen dan mahasiswa  banyak yang tidak lolos uji emisi. Hal ini diketahui saat Dinas Perhubungan (Dishub)  Sleman menggelar uji emisi, di empat perguruan tinggi yang ada di Sleman. Yaitu UNY, UGM, Universitas Atmajaya dan STIE YKPN Yogyakarta.  Dimana dari 513 kendaraan, yang tudak  lolos uji emisi sebanyak 62 kendaraan.

Kepala Dishub Sleman Mardiyana mengatakan selain untuk mengkampanyekan kebersihan lingkungan, terutama dari polusi udara yang berasal dari asap knalpot yang keluar dari kendaraan bermotor, kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan akan pentingnya perawatan kendaraan bermotor terutama roda empat.

“Ini penting sebab di beberapa tempat di Sleman kualitas udara sudah di atas ambang batas,” kata Mardiyana di sela-sela uji emisi, di halaman STIE YKPN Yogyakarta, Jln Seturan, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY, Kamis (14/9/2017).

Hal lainnya dengan uji emisi kendaraan di kawasan kampus ini juga sebagai edukasi  kepada  masyarakat dalam merawat kendaraannya dan menjaga lingkungan sekitar.

"Dimana sebagai pendidikan tentunya dapat menjadi panutan agar masyarakat mengikuti langkah mereka, baik dalam menjaga kendaraan maupun lingkungan sekitarnya dari kerusakan," paparnya.

Kasi  Keselamatan Transportasi Dishub Sleman Bambang Sumedi  menambahkan dari hasil uji emisi ini secara umum pemilik kendaraan roda empat sudah taat dalam merawat kendaraannya. Meskipun secara prosentase kendaraan yang tidak lolos uji emisi masih di atas 10%.


"Karena itu kegiatan ini terus akan dilakukan," tambahnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puluhan Kendaran Pribadi Tidak Lolos Uji Emisi"

Posting Komentar