Ratusan Hewan Korban di Sleman Terkena Penyakit Cacing Hati



sembada.id-Tim pengawas dan pemantau hewan kurban bidang peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian,  Pangan dan Perikanan (DPPP) Sleman menemukan cacing hati (fasciola hepatica) pada hewan kurban, baik sapi, domba maupun kambing yang disembelih warga di sejumlah lokasi,  Jumat (1/9/2017).

Data DPPP setempat,  hi ngga pukul  16.20 WIB dari 16.939  ekor hewan kurban, (sapi 6165 ekor, domba 8942  ekor  dan kambing  1832 ekor),  475 ekor di antaranya diketahui terkena penyakit cacing hati.  Dari jumlah tersebut paling banyak ditemukan di sapi,  yaitu 447 ekor, domba 21 ekor dan kambing tujuh ekor.  Jumlah itu hasil dari pantauan di 17 kecamatan yang ada di Sleman.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan  DPPP Sleman Husein Siswanto  mengatakan dari hasil pemeriksaan masih menemukan penyakit cacing hati pada hewan kurban.  Hati hewan yang terkena penyakit cacing hati itu tidak boleh dimakan sebab berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Karena itu  hati yang terkena cacing hati  tersebut diamankan untuk selanjutnya dimusnakan

Husein menjelaskan hati yang mengandung cacing memiliki ciri-ciri berwarna pucat dan dipenuhi urat berwarna putih yang cukup tebal. Daging hati yang sehat biasanya berwarna lebih segar dan permukaannya relatif lebih halus.  Semakin banyak ditemukan penebalan saluran ke hati yang berwarna putih menandakan semakin banyak cacing di dalamnya.

“Untuk sementara, baru cacing hati untuk kasus temuan pada hewan kurban, kalau penyakit lain belum kami temukan," paparnya

Sedangkan untuk pemantauan pada H-7 hingga H-1, petugas menemukan beberapa penyakit pada hewan. Seperti  penyakit mulut (orf), scabies dan selaput putih (pink eye). Karena itu, warga diminta pro aktif, terutama melaporkan saat melakukan penyembelihan menemukan penyakit pada hewan kurban.

“Kami pun akan terus melakukan pengawasan dan pemantaun terhadap hewan kurban ini,” tandasnya.

Sekretaris DPPP Sleman Suwandi Aziz menambahkan masyarakat yang menerima daging hewan kurban, untuk tidak menyimpan dalam keadaan mentah terlalu lama. Sebab dengan lokasi penyembelihan tidak sehigienis dibandingkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) menjadikan
pembusukan daging lebih cepat.


 “Kami menyarankan daging yang sudah diterima dari panitia kurban untuk segera dimasak. Minimal direbus dahulu tanpa bumbu. Termasuk yang dibekukan dalam freezer sebaiknya tidak lebih dari sehari kecuali  direbus dahulu,” tambahnya. (sindonews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Hewan Korban di Sleman Terkena Penyakit Cacing Hati"

Posting Komentar