Ratusan Peneliti Berkumpul Di Yogyakarta Bahas Teknologi Hijau


sembada.id – Ratusan peneliti dari berbagai perguran tinggi di Indonesia dan luar negeri  berkumpul , di Hotel East Park Yogyakarta, Kamis (13/9/2017). Mereka bertemu dalam rangka  2nd  International Conference on Engineering and Technology for Sustainable Development 2017 (ICET4SD) atau konferensi internasional bidang teknik dan teknologi untuk pembangunan berkelanjutan ke 2 , untuk membahas penerapan teknologi berwawasan lingkungan untuk kemajuan pembangunan.


Acara tersebut diselenggarakan fakultas teknik Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan Universitas Kansai Jepang, Universitas Teknologi Mara, Siridhorn International Institute of Technology Thailand, dan Centre for Energy Studies UGM. Rektor UII Nandang Sutrisno membuka langsung kegiatan  itu.


Ketua panitia 2nd ICET4SD,  Sholeh Ma’mun mengatakan kegiatan ini bukan hanya acara rutin yang diagendakan setiap dua tahun sekali, namun lebih dari itu diharapkan akan menghasilkan solusi penerapan teknologi ramah lingkungan,  tertama dalam mewujudkan kemajuan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan.


“Karena  sekarang kemajuan teknologi  menjadi faktor dominan dalam pembangunan berkelanjutan.  Oleh karena itu, pengelolaan teknologi hijau, termasuk pengelolaan masyarakat, merupakan suatu keharusan dan akan menjadi keunggulan kompetitif di masa depan,” kata sholeh usai pembukaan 2nd ICET4SD.


Sholeh menjelaskan gagasan ini banyak diminati peneliti. Hal ini bisa dilihat dari jumlah karya tulis yang masuk, yaitu sebanyak 257 makalah. Makalah itu bukan hanya datang dari Indonesia, namun juga  beberapa negara, seperti Jepang, Malaysia dan Thailand.  Meskipun begitu tidak semuanya dapat dipresentasikan. Sebab tetap harus melalui penyaringan.  Hasilnya hanya 226 karya tulis yang dinilai layak untuk dipresentasikan.


“Makalan itu juga akan diterbitkan dalam jurnal internasional yang terakreditasi Scopus. Di antaranya  Journal of Mechanical Engineering and Sciences Q2 (JMES), International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT), dan MATEC Web of Conference,”  terangnya.


Menurut Sholeh dalam acara ini juga menghadirkan beberapa professor dari perguruang negeri ternama  luar negeri,  seperti Prof. Hiroshi Tamura dari Universitas Kansai Jepang, Prof. Dato’ Ir. Wan Ramli Wan Daud dari Universitas Kebangasaan Malaysia dan Prof. Somnuk Tangtermsirikul dari Institusi Teknologi Internasional Sirindhorn Thailand.


Rektor UII Nandang Sutrisno menambahkan konferensi internasional ini juga  merupakan  wadah bagi para akademisi untuk bertukar ide dan pengetahuan agar nantinya bisa mendapatkan pemahaman mendalam dan bisa merumuskan solusi bagi permasalahan bangsa. priyo setyawan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Peneliti Berkumpul Di Yogyakarta Bahas Teknologi Hijau"

Posting Komentar