Sleman Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Cerdas Mengggunakan Obat




sembada.id - Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan saat ini masyarakat belum seluruhnya memahami fungsi obat  dalam kehidupan sehari-hari. Indikasinya  masih banyak yang mengkonsumsi obat tidak sesuai dengan klinis dan dosis. Termasuk ada yang beranggapan untuk tetap sehat harus dengan mengkonsumsi obat. Padahal dirinya tidak sakit.

“Karena itulah perlu gerakan melek obat. Yaitu dengan memberikan  informasi cara memilih, mengelola dan mengkonsumsi obat secara baik dan benar kepada masyarakat,” kata Sri Muslimatun saat membuka pembekalan gerakan masyarakat cerda menggunakan obat (Gema Cermat) di  Hotel Sahid Jaya Jl. Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Rabu (20/9/2017)

Sri Muslimatun menjelaskan  melalui gerakan ini bukan hanya untuk memberikan pemahanan kepada masyarakat tentang pengunaan obat yang baik dan benar, yaitu yang sesuai dengan klinis dan dosis, tetapi juga mendukung penggunaa obat rasional (POR). Terutama hanya akan minum obat bila sakit.

 “Jangan minum obat kalau tidak sakit. Jangan minum obat kalau tidak tahun dosisnya, kandungannya, indikasinya dan kontra indikasinya,” ungkapnya.

Kasi Farmasi, Makanan, dan Minuman Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Gunanto mengatakan AoC ini  nanti akan langsung terjun ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi terkait penggunaan dan pengelolaan obat dengan benar. Diharapkan dengan adanya gerakan tersbut nanti masyarakat dapat terhindar dari efek nagatif obat, dan keterjerumusan penyalahgunaan obat.

“Semoga masyarakat semakin cerdas memanfaatkan obat,” tandasnya.

Kabubdit POR Direktorat Pelayanan Kefarmasian Ditjen Farmalkes Kemenkes Heru Sunaryo menyatakan memberikan apresiasi dengan langkah dan komitmen  Sleman dalam memberdayakan masyarakat terhadap POR.  Diharapkan dengan cara ini masyarakar akan lebih cerdas dalam penggunaan obat.

“Karena itu kami terus akan mensosialisasikan gerakan  ini di seluruh Indonesia dan sampai sampai sekarang sudah ada 79 daerah yang sudah melakukan kegiatan tersebut,” paparnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Cerdas Mengggunakan Obat"

Posting Komentar