UNY Tambah Satu Guru Besar



sembada.id - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menambah satu guru besar. Kali ini Margana, dosen Fakultas Bahasa dan Seni  (FBS) UNY dikukuhkan sebagai guru besar ilmu  lingustik perguruan tinggi kependidikan tersebut. Pengukuhan guru besar baru di UNY ini dilakukan oleh Senat Akademik UNY di kampus setempat, Rabu (27/9/2017)

Dalam upacara pengukuhan tersebut, Margana menyampaikan pidatonya berjudul ‘Alih Kode dalam Tinjauan Linguistik dan Kebermaknaannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris’. Melalui pengukuhan tersebut, Margana merupakan guru besar UNY ke-134 dan guru besar FBS ke-27 .
Doktor bidang Linguistik UGM tersebut membahas bahwa secara linguistik peralihan bahasa tersebut  telah memenuhi kaidah-kaidah linguistik dan bentuk-bentuk kebahasaan yang dialihkan terikat  dengan aturan yang berlaku.  

 “Secara  semantis, peralihan bahasa dari bahasa satu kebahasa lain memiliki pertautan yang tidak menyebabkan terjadinya distorsi makna,” katanya dalam pidato pengukuhan.

 Menurutnya, dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris alih kode  memiliki berbagai fungsi di antaranya pemahaman materi yang diajarkan, penguatanunsur-unsur tertentu dan strategi pembelajaran bahasa Inggris dalammen jaga keberlangsungan berkomunikasi.

“Disamping itu fungsi non akademis dimaknai sebagai fungsi alih kode yang berhubungan dengan penanda wacana atau discourse marker yang dimiliki oleh para penutur.” paparnya.

Sedangkan penggunaan alih kode dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam keberhasilan pembelajaran dan pemerolehan Bahasa Inggris sehingga guru Bahasa Inggris tidak perlu merasa khawatir dalam menggunakan alih kode ketika mereka terlibat dalam komunikasi di kelas selama penggunaan alih kode tersebut dilatarbelakangi oleh fungsi yang jelas


Rapat senat terbuka pengukuhan guru besar tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UNY, Sutrisno Wibowo.(sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNY Tambah Satu Guru Besar"

Posting Komentar