Gamping Belum Bebas Angka Jentik Nyamuk



Sembada.id - Wilayah kecamatan Gamping hingga sekarang belum bebas dari jentik nyamuk. Terbukti saat tim kelompok kerja operasional (Pokjanal) deman berdarah dengue (DBD) Sleman melakukan monitoring di dusun Gamping Lor , Ambarketawang diketahui angka bebas jentik (ABJ) masih dibawah standar, yaitu kurang dari 95%.

Tercatat dari 131 titik atau lokasi pemantauan, 25 tempat di antaranya positif jentik, Sehingga ABJ baru mencapai 73,3%. Masih rendahnya kesadaran warga dalam membersihkan tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk diduga menjadi penyebabnya.

Di Sleman sendiri, hingga 10 Okt 2017,  tercatat ada  350 kasus DBB,  tiga orang di antaranya meninggal dunia. DBD sendiri tersebar di lima kecamatan, yaitu Gamping, Godean, Mlati, Depok dan Kalasan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit Menular  (P2PM) Bidang Penanggulangan Penyakit  Dinkes Sleman Dulzaini mengatakan dengan kondisi ini meminta masyarakat Gamping  untuk lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi  kecamatan Gamping menjadi wilayah endemis DBD di Sleman.

“Dari fakta-fakta tersebut, meminta dusun Gamping Lor lebih aktif lagi dalam melalukan monitoring jentik di setiap rumah.  Minimal satu minggu sekali,” tandas Dulzaini.

Menurut Dulzaini permintaan monitoring dan memberishkan lingkungan satu minggu sekali ini, bukan tanap alasan. Selain untuk memutus perkembangan nyamuk,  langkah ini juga untuk meningkatkan kesadaran dan  memotivasi masyarakat agar selalu sadar akan bahaya demam berdarah dengan melakukan pantauan jentuk  berkala ( PJB) secara rutin.

Wakil ketua DPRD Sleman Sofyan Setyo Darmawan mengatakan dengan  dengan masih rendahnya  ABJ di Gamping, meminta masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan menjaga terhadap kebersihan lingkungan. Apalagi penyakit DBD tidak hanya menyerang balita dan anak-anak, namun juga orang dewasa.

“Untuk itu saya berharap masyarakat selalu waspada dengan segala kemungkinan, termasuk mengamati tidak hanya bak mandi saja, tetapi juga tempat air yang lain seperti kulkas, pot bunga dan ban bekas yang tergenang air,  termasuk botol-botol yang tidak terpakai tidak ditaruh terbalik,” harapnya.(sbd)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gamping Belum Bebas Angka Jentik Nyamuk"

Posting Komentar