Polres Sleman Bekuk Komplotan Pembobol Ruko




sembada.id  –  Polres Sleman berhasil membekuk komplotan pembobol ruko di  wilayah Sleman. Tertangkapnya komplotan tersebut setelah ada laporan masyarakat, soal adanya pencurian di ruko yang ada di Purwobinangun, Juwangan, Purwomartani, Kalasan, Sleman,  12 Agustus lalu. Dari
pengembangan laporan itu mengarah pada komplotan itu.

“Mereka di tangkap 27 September lalu, di Magelang,” ,” kata Wakapolres Sleman Kompol Heru Muslimin saat gelar ungkap kasus di Mapolres Sleman, Selasa (3/10/2017).

Komplotan itu berjumlah empat orang, namun yang tertangkap baru tiga. Satunya saat ini masih DPO. Tiga tersangka tersebut KY, 37 warga Magelang, BD, 29 warga Purworejo dan RO, 36 warga Sleman. Satu yang masih DPO DW, 30, warga Sleman.

“Tiga dari empat komplotan itu merupakan residivis dalam kasus yang  sama, yaitu KY. BD dan DW,” paparnya

Heru menjelaskan sebelum melakukan pembobolan terlebih dahulu mencari sasaran ruko. Setelah mendapatkan sasaran, segera masuk ruko dengan membuka pintu ruko, dengan cara mencongkel pintu folding gate dengan linggis dan memotong gembok dengan gunting pemotong . Sesampainya di dalam ruko segera mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam ruko tersebut.

“Untuk di Purwomartani, komplotan berhasil mengasak  satu TV 32 inc, laptop, handphone, rokok berbagai merk dalam kemasan slop dan aneka macam kopi sachet, total kerugian Rp117,7 juta,” jelasnya.

Alasan memilih ruko karena di ruko dipastika ada barang-barang yang bisa dijual. Barang curian itu dijual dan hasilnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.  Dari keterangan mereka, selama satu tahun telah melakukan pembobolan ruko empat kali. Tiga di wilayah Jawa Timur dan satu kali  di wilayah Sleman satu kali.

“Namun aksinya di wilayah Jawa Timur tidak mendapatkan hasil, ,kemudian berpindah ke wilayah Yogyakarta,” terangnya.

Dalam pemeriksaan KY mengaku barang curian itu dijual kepada penadah di daerah Secang, Magelang. Barang-barang itu dijual Rp14 juta, hasilnya Rp4 juta untuk rental mobil dan sisanya dibagi mereka berempat.

“Hasil penjualan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya anak sekolah,” aku KY

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Are Setia menambahkan dalam kasus itu tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polres Sleman Bekuk Komplotan Pembobol Ruko"

Posting Komentar