Ribuan Burung Berkicau Ikuti Lomba Bupati Sleman Cup




sembada.id – Ribuan burung berbagai jenis dari  daerah di Indonesia mengikuti kontes burung berkicau nasional memperebutkan piala  Bupati Sleman Cup 2017 di lapangan pemda setempat, Minggu (8/10/2017).  Bupati Sleman Sri Purnomo membuka langsung lomba tersebut.

Ada 29 kelas yang dipertandingkan dalam lomba tersebut. 29 kelas itu terbagi dalam enam kategori, yaitu piala Bupati, tiga kelas, meliputi love bird,murai batu dan cucak hijau.  DPRD enam kelas, Wakil Bupati delapan kelas, Sleman enam kelas dan Sembada, lima kelas.

Tiap-tiap kelas mempertandingkan 60 burung. Sehingga total burung yang mengikuti lomba itu ada 1740 ekor.  Hanya saja untuk lombanya secara bergiliran. Sebab untuk lomba hanya ada satu blok. Waktu untuk perlombaan selama 10 menit.  Juri akan menilai burung yang mengikuti lomba tersebut. Burung yang mendapatkan nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

Masing-masing kelas diambil juara 1- 10.  Para juara selain mendapatkan piala dan piagam juga uang pembinaan. Khusus untuk kategori bupati, yang paling banyak mendapatkan juara, akan menerima piala bergilir Bupati Sleman.

Ketua pelaksaan lomba burung berkicau bupati Sleman Cup 2017,  Bayang Himawan mengatakan lomba ini merupakan agenda rutin setiap tahun dan untuk pelaksanaan ini untuk yang kedua kali. Lomba sendiri, selain sebagai upaya untuk melestarikan burung, khususnya burung yang tidak dilindungi, sekaligus untuk mengenalkan dan mendukung wisata Sleman serta menghidupkan perekonomian warga. Terutama para pedagang kecil. Yaitu dengan menggelar dagangnnya di tempat lomba.

“Yang mengikuti lomba ini tidak hanya dari lokal Sleman, namun berbagai daerah di Indonesia,” papar bayang.

Menurut Bayang jumlah peserta yang mengikuti lomba ini cukup banyak. Indikasinya hampir semua kelas yang dilombakan kuotanya terisi semua. Ini menunjukkan perkembangan penangkaran burung di tiap-tiap daerah cukup bagus.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan agar tujuan dari lomba ini tercapai, maka meminta kepada panitia mematuhi aturan yang ada. Baik yang menyangkut dengan administrasi maupun hal-hal teknis lainnya. Khusus untuk juri, harus dapat  bekerja secara profesional dan sportif dalam melakukan penilaian terhadap burung. Sehingga pemenang lomba benar-benar sesuai dengan kualitasnya.

“Karena ini, juga untuk pelestariaan lingkungan, maka pemkab sangat mendukung lomba ini dan akan menggelar secara rutin tiap tahun,” tandas Sri Purnomo. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribuan Burung Berkicau Ikuti Lomba Bupati Sleman Cup"

Posting Komentar