Sleman Dukung Penuh WCG di AAU dan Akmil



sembada.id  – Indonesia akan menjadi tuan rumah olah raga antar taruna dunia (world cadet games) ke-3 . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di dua tempat, yaitu Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Militer (Akmil), pada tanggal 28 April hingga 6 Mei 2018.

World Cadet Games sendiri diadakan setiap empat tahun sekali dengan tuan rumah berbeda. Selain sebagai ajang silaturahmi antar taruna angkatan bersenjatan dari seluruh dunia, kegiatan ini juga untuk menciptakan dan membangun perdamaian dunia melalu olahraga.  Motto event ini yaitu Frienship Through Sport, Game for Peace

Sebagai persiapa awal, Komisi Olahraga Militer Indonesia (KOMI) mengadakan kunjungan ke Pemkab Sleman, Rabu (11/10/2017). Kunjungan tersebut, bukan hanya untuk silaturahmi, namun juga koordinasi untuk penyelanggaraan kegiatan itu. 

Ketua penyelenggaran  Mayjen TNI Endang Sodik sekaligus President of World Cadet Games untuk Indonesia, mengatakan koordinasi ini penting. Terutama dalam mengkomunikasikan dan mempersiapkan kegiatan itu. Sebab untuk even itu, mengundang 135 negara di dunia. Dimana dari jumlah tersebut, 28 negara,  sudah menyatakan kesediaannya hadi.

“Ada empat misi dalam event tersebut, yaitu misi diplomasi, edukasi, promosi dan ekonomi,” kata Endang Sodik, usai audiensi dengan pemkab Sleman, Rabu (11/10/2017).

Menurut  Sodik panggilan Endang Sodik, diperkirakan jumlah peserta yang akan mengikuti event ini lebih dari 10.000 atlet dan official. Data sementara peserta yang akan datang dari 28 negara yang sudah konfirmasi ada 1715 orang. Tentunya dengan kehadiran mereka, bukan hanya memperkenalkan potensi Indonesia, namun juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian, khususnya dari sisi pariwisata dan UMKM.

“Kami harapkan pemda dapat memanfaatkan moment ini,” paparnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman Sumadi mengatakan menyambut baik atas penyelenggaraan event militer tingkat Internasional tersebut. Menurutnya ini merupakan kesempatan yang baik untuk Indonesia, khususnya Sleman, untuk menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki. Karena itu, pemkab
Sleman siap untuk mendukung serta memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan dalam kegiatan itu.


“Prinsipnya kami mendukung.  Termasuk hal-hal yang bisa mendorong penumbuhan ekonomi, kerajinan, pariwisata dan budaya,” ungkapnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Dukung Penuh WCG di AAU dan Akmil"

Posting Komentar