Sleman Kembangkan Padi Sistem Tarjarwo Di Mlati






sembada.id – Pemkab Sleman terus terus mengembangkan inovasi di bidang pertanian. Kali ini mengembangkan padi dengan sistem tanam jajar legowo (tarjawo) di Gedongan, Sinduadi, Mlati. Selain untuk  meningkatkan produksi di lahan sempit  langkah ini juga untuk menciptakan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga. 

Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan dalam menjawab tantangan yang ada termasuk dalam pertanian pemkab terus melakukan inovasi. Untuk pertanian terutama padi dengan nenerapkan pola tanam jajar legowo (tajarwo) dan pengunaan pupuk organik.

"Inovasi ini penting. Sebab untuk  mempertahankan produksi beras di Sleman menghadapi tantangan yang sangat berat. Terle­bih lagi luas lahan pertanian yang ada semakin menyusut," kata Muslimatun dalam sambutannya saat panen raya padi sistem tajarwo di Gedongan, Sinduadi, Mlati, Kamis (19/10/2017).

Untuk itu melalui berbagai inovasi tersebut diharapkan dapat berkontribusi secara positif terhadap peningkatan hasil produksi pertanian khususnya padi di Sleman. Berkaitan dengan hal ini,  Dinas  Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP),  harus  dapat memotivasi  petani agar semakin inovatif  dan bisa memanfaatkan  teknologi  tepat  guna dalam upaya  meningkatkan produktivitas pertanian.
"Saya berharap ke depan petani dapat terus berinovasi mengembangkan budidaya pertanian guna meningkatkan kesejahteraan keluarga," harapnya.

Kepala desa Sinduadi, Mlati, Senen Haryanto menjelaskan padi  sistem tajarwo  tersebut  baru pertama kali diterapkan di wilayahnya.  Biasanya petani di Sinduadi menggunakan  sistem konvesional. Sistem tajarwo  ini  menurutnya merupakan kerja tim demontrasi plot (demplot) tim penyuluh pertanian kepada petani.

” Untuk tahap awal menanam di lahan 25,02 hektare (ha)," terangnya.


Hasilnya cukup bagus yaitu rata-rata 10,5 kwintal  per  1000 m2. Atau meningkat 3,7 kwintal per 1000 m2. Sebab dengan sistem biasa hanya menghasilkan 6,8 kwintal per 1000 m2.(sindonews) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Kembangkan Padi Sistem Tarjarwo Di Mlati"

Posting Komentar