Bhabimkamtimas se DIY Beri Pendampingan Pengelolaan Dana Desa




sembada.id – Kepolisian daerah (Polda) DIY mengumpulkan kepala desa (kades) dan bhayankara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) se DIY untuk sosialisasi kesepakatan (MoU) antara kementerian desa pembangunan daerah tertinggal  dan transmigrasi,  kementerian dalam negeri serta Polri soal pencegahan, pengawasan dan penanganan penyelewengan dana desa di Sendangadi,Mlati, Sleman, Senin (13/11/2017).  Terutama tugas poko dan fungsi (tupoksi) dari Bhabinkamtibmas dalam perkara tersebut.

Diharapkan dengan kegiatan ini, bukan hanya akan terjadi sinergitas antara Kades dan Bhabinkamtibmas dalam pengelolaan dana desa, sesuai dengan atura yang ada,  namun juga ada pemahaman soal  tupoksi masing-masing serta yang paling penting tidak terjadi penyimpangan dalam pengunaan dana desa.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan dengan mengetahui tupoksi masing-masing, termasuk adanya keterbukaan antara aparat desa dan bhabinkamtibmas.  Sehingga dalam pengelolaan dan pengunaan dana desa akan transparan dan sesuai dengan peruntukkannya. Karena itu perlu penyamaan persepsi.

“Ini penting sebab dana desa ini banyak terjadi permasalahan. Meski untuk DIY hingga sekarang belum ada laporan dan diharapkan dengan langkah ini tidak ada permasalahan,” terang Dofiri usai pembukaan sosialiasi pencegahan, pengawasan dan penangganan penyelewenagan dana desa di Sedangadi, Mlati, Sleman, Senin (13/11/2017).

Hal lainnya yang perlu mendapat perhatian, yakni tugas Bhabinkamtibmas selain mengawasi juga melakukan pendampingan kepada aparat desa dalam mengelola dan mengunakan dana desa tersebut.  Untuk pengawasan sendiri, sebatas memberikan saran jika mengetahui ada yang tidak beres dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran pengunaan dana desa. Sehingga penyimpangan dapat dicegah.

“Sebagai acuan, kami membekali bhabinkamtibmas dengan buku saku tentang pendoman dana desa tersebut, terutama  menyangkut  dengan  pendampingan,” papar alumni Akpol 1989 itu.

Direktur Binmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto menambahkan yang harus digarisbawahi untuk tupoksi Bhabinkamtibmas, yaitu preemptif edukasi, bukan represif.  Terutama jika ada penyelewengan akan mengingatkan.  Karena itu, dalam sosialisasi ini, juga menghadirkan dari badan pengawas keuangan dan pembangunan  (BPKP) dan Inspektorat DIY.

“Jumlah Bhabinkamtibmas di DIY ada 449 dari 438 desa atau ada kelebihan 11 bhabinkamtibmas. Jumlah ini sudah sesuai dengan ketentuan, dimana dalam satu desa minimal ada satu bhabinkamtibmas,” tambahnya.

Wakil Gubernur DIY KGPA Paku Alam X mengatakan sangat mendukung dengan kegiatan Polda tersebut.  Apalagi ini merupakan langkah inovatif dari kepolisian  dalam ikut berpatisipasi dalam menjalankan amanah undang-undang desa. Sehingga kegiatan tersebut menjadi langkah yang strategis.


“Kami sangat apresiasi, terlebih apa yang dilakukan Polda DIY ini yang pertama di Indonesia,” ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bhabimkamtimas se DIY Beri Pendampingan Pengelolaan Dana Desa"

Posting Komentar