Dua Kali Berturut-Turut Sleman Raih Swasti Saba Wistara



sembada.id - Sleman menerima penghargaan Swasti Saba Wistara atau penghargaan Kota Sehat 2017  kategori pengembangan. Penghargaan ini untuk kedua kali secara berturut-turut, setelah sebelumnya tahun 2015 juga mendapatkan kategori yang sama.

Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Diah Indrayanti menyerahkan pengharagaan itu dan diterima bupati Sleman Sri Purnomo, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Bupati Slema Sri Purnomo mengatakan apa yang telah diraih Sleman ini, merupakan hasil kerja keras dari semua stakeholder, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.  Untuk itu, berharap agar prestasi ini terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi karena ke depannya tantangan dalam mempertahankan dan mempertanggungjawabkan predikat Kota Sehat akan lebih berat lagi.

"Untuk menjaga keberhasilan program KKS ini diperlukan komitmen dan kerjasama semua stakeholder untuk membuat rencana aksi program KKS ini selama 5 (lima) tahun kedepan," jelasnya.

Rencana aksi tersebut sebagai media perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian, serta evaluasi program KKS ini agar lebih terarah dan memenuhi target yang diinginkan. Penyelenggaraan verifikasi KKS dapat menjadi evaluasi dan motivasi bagi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

"Saya juga berharap melalui pencapaian ini dapat mendorong dan meningkatkan pembangunan kesehatan di Kabupaten Sleman," tambahnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman,  Cahya Purnama menjelaskan bahwa verifikasi KKS dilakukan setiap dua tahun sekali. Diraihnya penghargaan Swasti Saba Wistara tahun ini, Pemkab Sleman mengajukan 7 tatanan terpilih. Ketujuh tatanan tersebut masing-masing memiliki kegiatan unggulan yang telah dilaksanakan dan telah memenuhi indikator yang telah ditetapkan dalam pedoman penyelenggaraan Kabupaten Sehat.

Selain itu, masing-masing dari tatanan tersebut telah memperoleh penghargaan dari berbagai pihak. Seperti untuk tatanan kawasan permukiman sarana prasarana sehat, Pemkab Sleman memperoleh IDSA Award pada tahun 2015 dari kategori e-Health, kategori e-education, e-Tourism dan kategori e-Government. 


“Untuk tatanan Kehidupan Sosial yang sehat, Pemkab Sleman memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya, dan penghargaan lainnya,” terangnya. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Kali Berturut-Turut Sleman Raih Swasti Saba Wistara"

Posting Komentar