Fiji Belajar Gender Ke Sleman



sembada.id – Penangganann gender di Sleman mendapat perhatian dari negara Fiji. Terbukti sebagai tindaklanjut kerjasama antara Indonesia dan Fiji dalam bidang pemberdayaan perempuan,  negera tersebut , Rabu (15/11/2017)  belajar tentang pangarustamaan gender (PUG) ke Sleman.

Pimpinan  rombongan delegasi Fiji Amelia Nairoba mengatakan PUG mutlak diperlukan oleh Fiji, terutama  guna memastikan isu gender masuk dalam prioritas pembangunan. Untuk itu apa yang didapatkan dari Sleman nanti akan menjadi bahan perencana program di Kementerian Perempuan Fiji.

“ini merupakan bagian dari program PUG di negara kami,” terang Amelia.

Plt. Deputi Kesetaraan Gender Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA), Sri Danti Anwar menambahkan program kerjasama PUG ini  sebagai upaya isu gender masuk dalam seluruh program pembangunan di Fiji.  Sehingga program ini  nantinya akan ditindaklanjuti melalui mekanisme monitoring dan evaluasi terhadap action plan yang dibuat .

“Selain itu, program asistensi dan pelatihan PPRG dan PUG secara keseluruhan juga di rencanakan akan dilaksanakan pada tahun 2018 di Fiji,” tambahnya.

Wakil Bupati Sleman Sri  Muslimatun mengatakan selain berorientasi pemberdayaan masyarakat dan potensi lokal, Sleman dalam pembangunan, juga melaksanakan kebijkan yang berwawasan gender. Untuk proses pembangunan sendiri dapat dikatakan terus menunjukkan peningkatan tiap tahunnya. 

“Hal ini bisa dilihat dari indek pembangunan gender (IPG) dan keterwakilan perempuan di parleman,” kata Sri Muslimtun di hadapan rombonga delegasi Fiji .


Sri Muslimatun menjelaskan meningkatnya  responsib gender ini tentunya tidak terlepas dari peran serta instansi yang menjadi penggerak atau driver dari PUG di Sleman. Selain itu, setiap instansi telah memiliki program, kegiatan, dan inovasi dalam rangka menunjang pelaksanaan program PUG tersebut.(wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fiji Belajar Gender Ke Sleman"

Posting Komentar