Panwascam Dituntut Profesional Dalam Bertugas





sembada.id – Panitia pengawas penilihan umum (panwaslu)  tahun 2019 akan menghadapi tugas yang tidak ringan.  Ini lantaran dalam pemilihan umum (pemilu) mendatang,  baik legislatif,  DPD dan presiden akan dilaksanakan serentak.  Sehingga dengan kondisi ini,  semua tahapan rawan terjadinya kecurangan atau pelanggaran.

“Karena itu Panwas Kecamatan (Panwascam) dituntut untuk memiliki kecermatan yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya,” kata bupati Sleman Sri Purnomo saat melantik 51 anggota  Panwascam se Sleman di Hotel Tara, Jalan Magelang, Sinduadi, Mlati, Sleman, Selasa (14/11/2017).

Untu itu,  Panswascam harus  dapat segera melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)  secara profesional, mampu menempatkan diri sebagai pihak yang netral, tidak terkait dengan kepentingan  politik tertentu   serta dapat melaksanakan tugas secara jujur adil dan cermat.

“Keberhasilan pemilu juga  tergantung kinerja panwas kecamatan. Sehingga panwaslu harus mampu menjalin kemitraan dan membangun sinegritas dengan pihak-pihak terkait,” terangnya.

Ketua Panwaslu Sleman Ibnu Darpito  mengakui  tantangan pemilu kedepan tidaklah ringan. Apalagi

pemilu tidak cukup diukur dengan penyelenggaraan yang aman dan damai tapi juga berkualitas serta berintegritas. Termasuk masih rentan terjadinya politik uang. Sehingga anggota Panwas selain harus memiliki kemampuan menolak politik uang,  juga memperkuat kesadaran masyarakat untuk bisa menolak politik uang. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panwascam Dituntut Profesional Dalam Bertugas"

Posting Komentar