Sleman dan Kagoshima Jepang Jajaki Kerjasama Tangani Bencana Erupsi





sembada.id -  Pemkab Sleman dan Kota  Kagoshima Jepang menjajaki kerjasama di bidang penangganan bencana erupsi.  Sebagai langkah awal  kerjasama itu diwujudkan dalam penandatangan penjajakan kerjasama atau letter of intens (LOI).

LOI ditandatangi oleh Bupati Sleman Sri Purnomo dan Walikota Kagoshima Jepang  Mori Hiroyuki. di Kagoshima, Jepang,  23 Oktober  2017 lalu. LOI sendiri dibuat dalam tiga Bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan selain sebagai dasar dalam menyusun program dan kegiatan penangganan bencana erupsi, baik di Sleman maupun Kagoshima. LOI  ini juga untuk kerjasama di bidang lainnya, Seperti pengembangan pariwisata dan ekonomi.

“Karena itu, LOI ini nantinya akan ditindaklanjuti dalam bentuk kesepakatan bersama (MOU) antara Sleman dan Kagoshima ,” kata Sri Purnomo dalam keterangan persnya seusai melakukan lawatan ke
Kagoshima, Jepang, 23-28 Oktober 2017 lalu di ruang rapat bupati, Kamis (2/11/2017).

Sri Purnomo menjelaskan dengan adanya LOI itu, baik Sleman maupun Kagoshima akan saling tukar informasi dalam penangganan bencana erupsi. Sebab sama-sama memiliki gunung berapi yang masih aktif. Di Sleman ada gunung Merapi dan di Kagoshima ada gunung Sakurajima.

"Dengan LOI ini Sleman dapat belajar tentang teknologi, khususnya dari sisi peralatat, baik untuk pengamatan gunung dan teknologi pengendalian banjir lahar serta  pembangunan sabo," jelasnya.

Sedangkan Kagoshima bisa belajar tentang bagaimana Sleman dalam menanggani warga saat terjadi bencana, terutama dalam mengevaluasi, melatih dan mengkoordinasi masyarakat saat bencana erupsi yang berbasis dengan kearifan lokal. Termasuk keterlibatan sukarelawan atau volunteer. .

“Inilah yang menjadi ketertarikan Kagoshima untuk menjalin kerjasama dengan Sleman. Meski sudah memiliki peralatan canggih, namun warga hanya sebagai objek saja,” terangnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Sri Winarti menambahkan selain melakukan LOI, dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman juga mempresentasikan lesson learn  tentang penanganan bencana pada Erupsi 2010 dan mengikuti rapat koordinasi antara kota Kagoshima dengan instansi di Jepang yang membidangi soal bencana,

"Bupati juga diperkenalkan dengan peralatan pengamatan aktivitas gunung, pengendali banjir lahar serta teknologi pembangunan Saboi," tambahnya.(sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman dan Kagoshima Jepang Jajaki Kerjasama Tangani Bencana Erupsi"

Posting Komentar